Kategori
Otomotif

WSBK Portugal: Rea Kunci Juara Dunia 2020 Di Estoril

PMI Media

TorakID– Pandemik Covid 19 yang melanda dunia saat ini tidak membuat seorang Jonathan Rea gigit jari. Joki Inggris ini meraih juara dunia musim 2020 dengan perolehan 360 poin. Joki Kawasaki ini sudah meraih 6 kali juara dunia sejak bergabung di Kawasaki sejak 2015 dan tidak pernah gagal satu kalipun tiap musimnya. Ia layak disandingkan dengan Marc Marquez yang sudah meraih 6 kali juara dunia Motogp, hanya saja dia gagal meraih juara dunia pada 2015 karena dikalahkan Jorge Lorenzo dan tahun ini juga gagal karena cedera di bagian tangan.

Joki berumur 33 tahun ini meraih juara dunia di Estoril atau World Superbike seri terakhir (Portugal jilid kedua) yang bergulir pada 17-18 Oktober. Dalam seri terakhir itu, Rea bermain aman selama 3 balapan penuh. Toprak Razgatlıoğlu, joki asal Turki berhasil dominan di balapan pertama dan kedua. Joki Yamaha ini berhasil mengalahkan Chaz Davies dari Ducati dan Garett Gerloff dari tim GRT Yamaha. Di balapan kedua, Toprak mengalahkan Gerloff dan Van Der Mark yang merupakan rekan setim Toprak. Dalam balapan kedua itu, Yamaha mengunci posisi podium pertama sampai ketiga.

Sementara di balapan ketiga, Davies dan Scott Redding dari Aruba Ducati mampu mengasapi Toprak Razgatlıoğlu sekaligus merajai balapan dengan podium 1-2. Di tiga balapan yang digelar, Rea finish keempat di balapan pertama, kelima di balapan kedua dan ke-14 di balapan ketiga. Angka 360 poin sudah mengunci Rea menjadi jawara 2020 disusul Redding dengan 305 poin dan Davies dibelakangnya dengan 273 poin. Sementara, Kawasaki berhasil finish pertama di klasemen konstruktor dengan 392 poin disusul Ducati dengan 391 poin dan Yamaha dengan 330 poin.