Kategori
Otomotif

WSBK Jerez: Redding Raih Kemenangan Perdana Di Jerez

Ducati Corse

TorakID- Setelah melakoni balapan pertama di Australia pada Februari lalu, World Superbike melakoni gelaran kedua di Jerez, Spanyol pada 1-2 Agustus. Penyelenggara melakukan jeda lumayan panjang setelah seri perdana dan perubahan jadwal akibat pandemik virus Corona. Akibatnya hanya 9 balapan yang dijalankan dari 14 balapan di musim 2020. Bedanya, benua Amerika yang gagal disambangi Motogp karena pembatalan malah disambangi WSBK dengan seri Argentina sebagai satu-satunya seri di luar benua Eropa. Balapan di San Juan itu akan digelar bulan Oktober mendatang

Gelaran ini bergulir setelah Motogp Jerez yang sudah dihelat
18 dan 25 Juli lalu. Berbeda dengan gelaran Motogp yang memakan korban beberapa joki dan hampir semuanya cedera karena kondisi ban yang kurang mencekram, balapan World Superbike (WSBK) tidak mengalaminya sehingga balapan bergulir normal.

Balapan pertama WSBK dimenangi Scott Redding dari Aruba Ducati. Pebalap debutan ini terakhir kali mencicipi sirkuit Jerez di kelas para raja Motogp pada 2018 dengan bergabung di Aprilia. Sayangnya selama berlaga di Motogp dirinya hanya meraih hasil bagus di musim debutnya bersama Gresini Honda yakni pada 2014 dengan meraih posisi ke-12 klasemen pebalap. Dengan kelihaiannya menguasai sirkuit Jerez saat masih berlaga di Motogp membuahkan hasil saat mengalahkan Jonathan Rea dari Kawasaki dan Toprak Razgatlıoğlu dari Pata Yamaha.

Satu-satunya kemenangan Rea hadir di balapan kedua dimana ia berhasil mengalahkan Redding dan rekan satu tim Toprak, Michael Van Der Mark dari Pata Yamaha. Sayangnya, Rea gagal meraih kemenangan setelah Redding membalaskan kekalahannya di balapan kedua dengan memenangi balapan ketiga. Redding dan Chaz Davies dari Aruba Ducati berhasil menguasai balapan ketiga disusul Toprak di belakang duo Ducati itu.

Angka 98 poin mengkokohkan Redding menjadi penguasa klasemen pebalap disusul Rea di posisi kedua dengan 74 poin dan rekan satu timnya di Kawasaki, Alex Lowes di posisi ketiga dengan 72 poin. Untuk klasemen konstruktor malah Kawasaki yang unggul dengan 100 poin disusul Ducati yang terpaut 2 poin (98 poin) dan Yamaha dengan 86 poin.