Kategori
Otomotif

Turun Perdana Di ITCR, All New Agya Langsung Rebut Podium

TorakID— Meski baru kedua kali turun di ajang motorsport nasional, All New Agya GR Sport langsung menunjukan performance terbaiknya dengan berhasil ‘mencuri’ podium pertama Kejurnas Indonesia Touring Car Race (ITCR) 1.200 di Seri ke-3 Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2023, di Sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat, Minggu (13/8). Di tangan pembalap baru TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) Amato Rudolph, Sporty Hatchback ini sanggup beradaptasi dan menemukan seting terbaiknya berkat sentuhan tangan mahir engineer TGRI. Rekan satu tim Jordan Johan sukses meraih podium ketiga Kejurnas 1.200 dengan menggunakan Agya GR Sport Gen-1, berbagi posisi dengan pembalap TGRI Haridarma Manoppo yang berhasil meraih podium ketiga Kejurnas ITCR Max 1.600.

“Selamat kepada pembalap Gen Z TGRI Amato Rudolph yang dapat bersinergi dengan mobil balap baru dan maximum attack sehingga berhasil meraih podium pertama Kejurnas ITCR 1.200 di Seri ke-3 ISSOM 2023. Bermodalkan DNA Motorsport Toyota, engineer TGRI sanggup mengotimalkan performance sporty hatchback yang baru berlaga 2 kali musim ini dan langsung mencatat prestasi membanggakan dalam waktu relatif singkat. Raihan positif pembalap Gen Z Amato dan Jordan Johan yang juga meraih podium ketiga kejurnas yang sama menunjukkan hasil kolaborasi TAM dan TGRI untuk pengembangan talenta-talenta baru dalam mengembangkan ekosistem motorsport nasional. Selamat juga kepada Haridarma Manoppo yang meraih podium ketiga Kejurnas ITCR Max 1.600. Semoga prestasi positif ini dapat dilanjutkan ke seri berikutnya untuk mencapai target juara nasional,” terang Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

All-New Agya GR Sport diposisikan untuk meneruskan tradisi kemenangan Toyota Agya GR Sport Gen-1 yang telah membawa pembalap TGRI meraih banyak gelar juara nasional di ajang kejurnas touring dan slalom car sejak TGRI resmi berdiri di tahun 2022. Mengandalkan advanced all new platform, engineer TGRI mendapatkan pengganti sebuah race-car ready dengan basic performance yang dapat diandalkan, bahkan langsung dapat memenuhi ekspektasi dengan meraih podium pertama di race keduanya.

TGRI menyadari bahwa partisipasi di Kejurnas 1.200 begitu menantang lantaran rival beratnya sangat kompetitif dan kerap meraih juara pertama. Namun sejak berlaga di seri ke-2 lalu, tim TGRI merasa optimis karena performance-nya sangat menjanjikan dan terbukti langsung meraih juara ke-3. Diskusi intens dengan pembalap TGRI memberikan input berharga, dilanjutkan dengan melakukan seting komponen penting untuk meningkatkan level of competitiveness meskipun hanya ada waktu 1 bulan.

Kerjasama solid antara pembalap dan kru TGRI berbuah manis sejak babak kualifikasi di hari Sabtu (12/8). All-New Agya GR Sport yang dikemudikan oleh Amato mencatatkan waktu tercepat ke-3 1:59.955. Sementara Jordan mencatatkan waktu tercepat ke-2 1:59.940 dengan menggunakan Agya GR Sport Gen-1.

Didukung oleh cuaca cerah saat race di hari Minggu (13/8), Amato dan Small Hatchback terbaru Toyota ini berkolaborasi sepanjang balapan dan berhasil mendahului pesaing yang lebih kompetitif untuk meraih gelar juara pertamanya tahun ini dengan catatan waktu 24:00.870. Masih sangat kompetitif, Agya GR Sport bersama Jordan sempat memberikan perlawanan berarti hingga akhirnya berhasil meraih juara ke-3 dengan catatan waktu 24:06.786.

Dengan semangat continuous improvement, pembalap senior Haridarma Manoppo begitu menyatu dengan New Yaris GR Sport untuk mencatatkan posisi start kedua dengan catatan waktu 1:49.799 pada babak kualifikasi di hari Sabtu. Mendapatkan perlawanan yang sangat ketat dari rival yang memiliki daya saing tinggi, Haridarma finish ke-3 di Kejurnas ITCR Max 1.600 dengan catatan waktu 22:09.670. Raihan poin ini cukup untuk mempertahankan posisinya di puncak klasemen.

“Meski masih harus menggendong beban tambahan karena masuk ditengah musim, All New Agya GR Sport menunjukkan peningkatan performance yang luar biasa. Mobilnya kencang dengan handling yang mumpuni, terutama saat masuk ke tikungan. Membuat saya lebih percaya diri untuk melakukan taktik late braking sehingga bisa menyerang rival yang ada di depan dari luar tikungan untuk merebut posisi pertama yang bertahan hingga garis finish. Terima kasih atas kerja keras tim engineer TGRI yang berjuang menemukan seting terbaik pada mobil balap andalan saya ini sehingga berlaga effortless. Kompetisi masih panjang, kami bersama tim TGRI masih harus melakukan continuous improvement dalam menjaga daya saingnya dengan target meraih gelar juara nasional,” kata pembalap TGRI, Amato Rudolph.

Dengan semangat pantang menyerah, tim TGRI akan terus melakukan peningkatan performa pada mobil balap yang diandalkan di semua event motorsport nasional. Partisipasi TGRI sejalan dengan DNA motorsport TOYOTA GAZOO Racing (TGR) di kompetisi balap global hingga mencetak berbagai gelar juara kelas dunia. Sebagai contoh adalah gelar juara Safari Rally Kenya 2023 beberapa waktu lalu, di mana mobil reli GR Yaris Rally1 Hybrid berhasil membawa empat pembalap TGR menguasai podium pertama sampai ke-4. Prestasi bersejarah ini mengulang sukses podium serupa yang dicatatkan tahun 1993 dan 2022.

“Selamat kepada pembalap dan engineer tim TGRI yang berhasil meningkatkan performa All-New Agya GR Sport di ajang balap touring nasional dan sukses meraih podium pertama ITCR 1.200, di mana generasi awal Agya GR Sport tetap kompetitif dan bertahan di podium ketiga. Termasuk menjaga peluang juara nasional New Yaris GR Sport di Kelas ITCR Max 1.600 dengan meraih juara ketiga. TGRI juga terus menyuguhkan tontonan menarik sejalan visi menyebarkan excitement dan joy of GAZOO Racing kepada lebih banyak orang di Indonesia serta menghadirkan ever-better cars lewat motorsport. Semoga hasil positif ini akan terus berlanjut hingga kami berhasil meraih gelar juara nasional ISSOM 2023 di seluruh kelas yang kita ikuti,” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Fumitaka Kawashima.