Kategori
Uncategorized

Toyota Dorong Pertumbuhan Mobil Listrik Daerah dengan Ultra Fast Charging

TorakID— PT Toyota-Astra Motor (TAM) terus memperluas jejak Toyota xEV Ecosystem dengan memasang Ultra Fast Charging (UFC) DC berdaya 120 kW di dealer resmi Toyota Nasmoco Bantul, Yogyakarta, dan Dunia Barusa, Aceh pada tanggal 15 Desember.

Masing-masing dealer dilengkapi dengan 1 unit Ultra Fast Charging yang menyediakan 3 jenis gun charger tipe CCS2, CHAdeMO, dan AC Type 2 (22 kW) untuk penggunaan gratis oleh pelanggan Toyota dan Lexus.

Peralatan pengisian daya baterai BEV dan PHEV Toyota ini dapat mengisi daya dari 0 hingga 80 persen dalam rentang waktu 30 hingga 45 menit. Sebelumnya, Toyota telah berhasil mengoperasikan UFC dengan spesifikasi yang sama di ASHTA Mal SCBD, Jakarta Selatan, dan Rest Area 695A Jombang Tol Trans Jawa.

Fasilitas ini menjadi tambahan untuk memudahkan mobilitas pemilik Battery Electric Vehicle (BEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) Toyota di daerah, memberikan kenyamanan dan keamanan dalam perjalanan.

Saat ini, Toyota telah menyediakan lebih dari 74 titik stasiun pengisian daya yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan target penambahan hingga akhir 2024.

“PT Toyota-Astra Motor (TAM) mendukung mobilitas BEV dan PHEV Toyota dengan menyediakan fasilitas stasiun pengisian daya yang mudah diakses di dealer resmi Toyota dan lokasi strategis lainnya. Keberadaan Ultra Fast Charging (UFC) DC 120 kW di dealer Toyota Nasmoco Yogyakarta dan UFC DC 150 kW di dealer Dunia Barusa Aceh diharapkan dapat mempermudah mobilitas pelanggan di daerah perkotaan dan meningkatkan jangkauan mobilitas BEV dan PHEV Toyota untuk perjalanan antar kota, terutama di wilayah Yogyakarta dan Aceh yang memiliki banyak lokasi wisata,” ungkap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Toyota xEV Ecosystem menyediakan Total Mobility Solution, dirancang untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan yang menggunakan layanan perawatan kendaraan elektrifikasi dan pengisian daya ulang baterai BEV dan PHEV di bengkel resmi Toyota.

Hingga November 2023, sebanyak 74 dealer resmi Toyota di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, dan Nusa Tenggara Barat, telah dilengkapi dengan fasilitas charging spot.

Rencananya, Toyota akan terus membangun Toyota xEV Ecosystem untuk mendukung mobilitas pelanggan. Paling lambat pada tahun 2024, seluruh outlet Toyota di Indonesia diharapkan akan memiliki charging spot, termasuk keberadaan unit UFC di beberapa outlet Toyota dan lokasi-lokasi strategis di pulau-pulau besar Indonesia.

Toyota berencana untuk membangun lebih banyak UFC 120 kW di beberapa mal di kota besar, termasuk Jakarta, bersamaan dengan keberadaan AC Charger yang disesuaikan dengan kebutuhan di mal tersebut. Dalam upaya meningkatkan jangkauan BEV dan PHEV Toyota, unit UFC 120 kW akan ditambahkan bersama dengan AC Charger 7 kW dan 22 kW di rest area lainnya.