Kategori
Otomotif

Toyota Kijang Innova Zenix Raih Car Of The Year Dalam GridOto Award

 

TorakID— All-New Kijang Innova Zenix sekali lagi kembali dinobatkan sebagai Car of The Year pada gelaran GridOto Award 2023 yang berlangsung secara virtual, Jumat (1/12). Penghargaan ini melengkapi gelar yang telah diperoleh All New Kijang Innova Zenix HEV (Hybrid Electric Vehicle) dari media otomotif bergengsi lainnya yakni Car of The Year Otomotif Award 2023 di bulan Maret dan Carvaganza Editor’s Choice Award 2023 di bulan Oktober. Perubahan mendasar yang revolusioner bermodalkan aplikasi platform Toyota New Global Architecture (TNGA) dan opsi hybrid engine pada MPV idaman keluarga Indonesia ini, menghadirkan pengalaman berkendara yang luar biasa sehingga diapresiasi oleh GridOto sejalan penerimaan positif masyarakat terhadap generasi ke-7 Kijang di Indonesia.

 

“PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengucapkan terima kasih atas penghargaan kepada beragam produk dari mobility solution Toyota melalui event GridOto Award 2023, khususnya gelar Car of The Year yang diberikan kepada All New Kijang Innova Zenix. Dengan semangat continuous improvement, Toyota berkomitmen untuk menjadikan penghargaan ini sebagai motivasi dalam menghadirkan ever-better cars pada produk Toyota khususnya kendaraan elektrifikasi (xEV) yang semakin populer dan diterima masyarakat. Terima kasih pula atas kepercayaan seluruh pelanggan yang telah menjadikan beragam solusi mobilitas Toyota sebagai pilihan utama. Kami akan jadikan semua apresiasi ini sebagai penyemangat untuk menjaga komitmen menghadirkan Mobility for All,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

 

Penghargaan GridOto Award 2023 sudah enam kali digelar oleh media otomotif GridOto.com sebagai apresiasi kepada produsen otomotif yang telah berinovasi menghasilkan produk-produk terbaik demi kemajuan industri otomotif dan memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia. Event tahunan ini memberikan penghargaan dalam empat kategori utama, yaitu mobil, sepeda motor, Total Cost Ownership (TCO), Resale Value (RV), dan Special Award. Selain gelar paling bergengsi Car of The Year 2023 yang didapatkan All-New Kijang Innova Zenix, line-up Toyota lainnya turut mendapatkan reward sebagai yang terbaik di segmennya.

Berikut daftar kendaraan Toyota yang memperoleh penghargaan The Best pada beberapa kategori di ajang GridOto Award 2023:

– Small Sedan : Toyota Vios

– Medium MPV : Toyota Kijang Innova Zenix

– Double Cabin : Toyota Hilux

 

Kategori Total Cost Ownership (TCO) merupakan penghargaan untuk mobil-mobil baru dengan biaya kepemilikan terbaik di segmen masing-masing pada mobil yang diluncurkan di Indonesia selama 2023. Tahun ini, Toyota berhasil meraih penghargaan terbanyak di kategori TCO yang didapatkan oleh:

– Small MPV : Toyota Avanza

– Medium MPV : Toyota Kijang Innova Zenix HEV

– Small SUV : Toyota Yaris Cross HEV

– Medium SUV : Toyota Corolla Cross HEV

 

Kategori Resale Value (RV) menghitung selisih angka penurunan (depresiasi) dari harga beli mobil baru ke harga bekas selama setahun pemakaian yang berpatokan pada harga mobil baru saat diluncurkan pada tahun 2022 dengan harga pasaran mobil tersebut pada Oktober 2023. Berikut daftar mobil Toyota yang memperoleh award di kategori RV:

– Small Sedan : Toyota Vios

– Medium MPV : Toyota Voxy

– Medium SUV : Toyota Corolla Cross HEV

– Large SUV : Toyota Fortuner

– Large Sedan : Toyota Camry

 

Sederet penghargaan ini merupakan wujud penerimaan positif masyarakat atas eksistensi produk Toyota di Indonesia. Toyota berupaya menghadirkan solusi mobilitas yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat yang beragam dan kompleks dalam line-up yang mencakup berbagai segmen. Seperti kendaraan penumpang, mulai dari entry level hingga premium dan brand sporty GR, serta model komersial untuk mendukung aktivitas usaha dan lifestyle pelanggan. Bersama opsi xEV yang semakin lengkap, mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Battery Electric Vehicle (BEV).

All-new platform Toyota New Global Architecture (TNGA): GA-C dengan struktur monocoque, memberikan ruang bagi engineer Toyota untuk meningkatkan rigiditas bodi, mengurangi berat mobil, serta mengurangi suara yang masuk ke dalam kabin mobil, dalam rangka meningkatkan kestabilan dan kenyamanan saat bermobilitas. MPV keluarga ini dibekali pula dengan berbagai fitur dan teknologi yang advance, mewah dan terbaik di kelasnya, sesuai trend serta kebutuhan keluarga millennial dengan nilai-nilai global.

Medium MPV ini adalah produk lokal Toyota pertama yang menggunakan teknologi hybrid dan diikuti oleh All New Yaris Cross HEV. xEV ini dirancang untuk mewujudkan mobilitas ramah lingkungan yang nyaman, aman, dan mudah diakses oleh masyarakat luas untuk mengakselerasi penggunaan kendaraan elektrifikasi yang lebih terjangkau. Model ini turut mendukung visi Toyota dalam menghadirkan ever-better cars untuk dunia yang lebih sustainable, serta mendukung program pemerintah dalam mencapai netralitas karbon.

“Apresiasi dari pelanggan dan media pada All New Kijang Innova Zenix sepanjang tahun 2023 merupakan wujud dari semangat continuous improvement dan komitmen Toyota dalam menghadirkan ever better car. Hal ini diperkuat data penjualan xEV Toyota yang tumbuh pesat dari sebelumnya 4.436 unit dengan komposisi penjualan dibanding total Toyota dibawah 2% di tahun 2022 menjadi 29.941 unit dengan komposisi penjualan lebih dari 10% di sepanjang 2023 setelah Medium MPV ini launching. Semua tercapai berkat kolaborasi para stake holder, mulai dari manufaktur, dealership, hingga value chain yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia. Terima kasih atas support semua pihak yang berkontribusi dalam menghadirkan All New Kijang Innova Zenix sehingga mendapatkan kepercayaan tinggi dari masyarakat,” tutup Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.