Kamu babang ojek online pasti pernah dihadapkan dengan batrei hape habis saat sedang mengantar penumpang, atau bahkan setelah ngebit.

Mungkin jika motor kamu sudah dilengkapi dengan colokan charger bukan jadi masalah, atau kamu masih punya powerbank yang isinya masih sanggup ngidupin listrik sekomplek.

Nah, jika eggak pasti bakal lebih runyam kan?

Salah satu yang bisa meminamilisir hal itu adalah bikin awet batrei hape.

Bagaimana caranya?

Berikut 7 cara merawat baterai Android supaya awet :

1. Jaga Brightness Smartphone Kamu Tetap Rendah
Mungkin memang sudah banyak yang tahu ya bahwa dengan mengurangi intensitas cahaya yang dihasilkan oleh layar smartphone, maka kamu juga mengurangi pemakaian baterai secara signifikan. Sebagai informasi, bagian layar merupakan komponen smartphone yang mengonsumsi baterai terbesar dibandingkan dengan komponen lainnya.

2. Putuskan Koneksi GPS, Bluetooth, WiFi, dan Koneksi Lainnya yang Tidak Digunakan
Apabila kamu tidak berada di tengah perjalanan, maka mematikan fitur GPS merupakan pilihan yang tepat, dan apabila kamu juga tidak menggunakan Bluetooth serta fitur lainnya, maka mematikannya juga merupakan tindakan yang dapat menambah umur baterai. Fitur-fitur seperti GPS, Bluetooth, dan WiFi merupakan fitur yang akan selalu mencari sinyal dan device yang ada sehingga cukup menambah beban dari baterai kamu.

3. Gunakan Fitur Sync dengan Tepat
Fitur Sync di Android tidak harus selamanya dinyalakan, karena itu merupakan fitur yang kami kira tidak membutuhkan aktivitas yang rutin. Nyalakan Sync hanya disaat kamu sedang men-charge saja ya untuk tetap menjaga bateraimu awet.

4. Gunakan WiFi Dibandingkan Paket Data
Menggunakan WiFi akan mengurangi pusingmu terhadap cepatnya baterai berkurang, karena dengan menggunakan WiFi, maka aktivitas pencarian sinyal internet yang dilakukan oleh smartphonemu juga akan dimatikan secara otomatis sehingga baterai tetap awet.

5. Kunci Smartphonemu Ketika Tidak Digunakan
Selain mematikan layar, mengunci smartphonemu juga membuat sistemnya berada dalam kondisi Sleep sehingga konsumsi baterai yang digunakan pun lebih sedikit. Tapi kamu harus perhatikan juga dengan aplikasi yang menggunakan fasilitas Wakelock, karena dapat menguras bateraimu walaupun saat keadaan Sleep sekalipun.

6. Selalu Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan
Setelah menggunakan suatu aplikasi, jangan lupa untuk mematikannya ya agar menghindari konsumsi data yang berlebihan dan menghemat bateraimu.

7. Jaga Smartphonemu Dari Suhu yang Ekstrim
Baterai smartphonemu tidak akan bertahan secara optimal apabila berada di suhu lingkungan yang terlalu panas maupun yang terlalu dingin. Maka dari itu tetap pertahankan smartphone-mu di lingkungan dengan suhu ruangan ya.

Bagikan: