tarif tol jakarta bogor

Kara-kira berapa ya tarif tol Jakarta Bogor terbaru di tahun ini. Mengetahui tarif tol Jakarta Bogor penting, terutama untuk kamu yang dalam waktu dekat ini sedang berencana melakukan perjalanan ke Bogor dari Jakarta mengunakan mobil.

Sebagai informasim tol Jagorawi (​Jakarta Bogor Ciawi), merupakan Jalan Tol pertama yang dioperasikan oleh Jasa Marga pada tahun 1978. Tol sepanjang 59 km ini, menghubungkan antara Jakarta, Cibubur, Citeureup, Bogor, serta Ciawi.

Hingga saat ini Jalan Tol Jagorawi tersambung dengan berbagai ruas jalan tol lain, yaitu; Jalan Tol Dalam Kota, Jalan tol Lingkar Luar Jakarta, dan Bogor Ring Road. Tidak hanya itu, akses tol Jagorawi untuk saat ini juga semakin luas.

Lantaran telah dibangunnya jalan tol Cijago (Cinere-Jagorawi) seksi 3 yang menghubugkan antara Bogor menuju Jakarta atau Tangerang. Jarak tempuhnya pun hanya berkisar 45 menit saja.

“Kalau semua sudah tersambung, kalian yang dari arah Bogor dan ingin beraktivitas ke arah Jakarta dan Tangerang, kalian hanya dapat melintasinya hanya dalam waktu 45 menit saja. Hemat waktu bukan?” tulis Binamarga di laman resmi PUPR Binamarga.

Tarif Tol Jakarta-Bogor (via Tol Jagorawi)

tarif tol Jakarta Bogor

Layaknya jalan tol lainnya, ketika pengendara hendak menggunakan Jalan Tol Jagorawi untuk melakukan perjalanan dari Jakarta ke Bogor, juga akan dikenakan tarif. Besaran tarif bervariasi, tergantung golongan kendaraan serta dari arah mana pengendara melaju.

Berikut kami sajikan informasi tarif tol Jakarta ke Bogor via Jalan Tol Jagorawi.

Golongan Kendaraan Tarif Tol
Golongan Kendaraan I Rp7.000
Golongan Kendaraan II Rp11.500
Golongan Kendaraan III Rp11.500
Golongan Kendaraan IV Rp16.000
Golongan Kendaraan V Rp16.000

Tarif Tol Bogor Outer Ring Road

Tarif tol Jakarta Bogor
Cijago Ring Road

Apabila kamu hendak bepergian dari Bogor ke Jakarta, bisa menggunakan Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR). Tarif jalan tol ini sudah mengalami kenaikan dan mulai berlaku pada akhir Januari 2021.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.08/KPTS/M/2021 tentang Penyesuaian Tarif Pada Jalan Tol BORR. Berikut tarif tol Bogor Outer Ring Road terbaru

Golongan Kendaraan I Rp14.000
Golongan Kendaraan II Rp21.000
Golongan Kendaraan III Rp21.000
Golongan Kendaraan IV Rp28.000
Golongan Kendaraan V Rp28.000

Selain itu PT Marga Sarana Jabar (MSJ) selaku operator mengklaim bahwa pihaknya berupaya melakukan peningkatan layanan di seluruh bidang pelayanan jalan tol. Dalam bidang transaksi misalnya, dengan penambahan jumlah titik layanan bergerak berupa mobile reader (MR) sebanyak empat unit, layanan penyediaan area Top Up Center (TUC), serta satu Gardu Reversible (gardu layanan dua arah).

Kemudian, dengan adanya pembangunan Simpang Susun Sentul terintegrasi Tol Jagorawi yang dilakukan hanya satu kali melalui Gerbang Tol (GT) Sentul Barat dapat melancarkan arus dari Tol Jagorawi menuju BORR. Sementara itu, pada bidang layanan lalu lintas, MSJ melakukan penggantian marka bahu dalam menjadi kuning.

Adapun di bidang pemeliharaan, melakukan perawatan jalan dengan Scrapping Filling Overlay (SFO) dan beautifikasi taman di sepanjang jalan tol.

Secara keseluruhan, Tol BORR dibagi menjadi lima seksi yakni, Seksi 1 Sentul-Kedung Halang sepanjang 3,85 kilometer, Seksi 2A Kedung Halang-Kedung Badak sepanjang 1,95 kilometer, dan Seksi 2B Kedung Badak-Simpang Yasmin sepanjang 2,65 kilometer.

Kemudian, Seksi 3A Simpang Yasmin-Simpang Semplak sepanjang 2,85 kilometer, serta Seksi 3B Simpang Semplak-Junction Salabenda sepanjang 2,5 kilometer yang direncanakan dibangun pada tahun 2022.

Rest Area Tol Jagorawi

tarif tol Jakarta Bogor

Ada 5 rest area di tol Jagorawi yang bisa kamu manfaatkan dua di Jakarta menuju Bogor dan tidak di arah sebaliknya.

1. Rest Area KM 38B

Rest area ini bisa ditemukan sesaat setelah Anda memasuki gerbang tol Simpang Susun Bogor. Menjadi rest area terlengkap di Tol Jagorawi, fasilitas yang tersedia antara lain area parkir yang luas, ATM Center, toilet, tempat ibadah yang cukup besar, pujasera yang lengkap, serta fasilitas pendukung lainnya.

2. Rest Area KM 21B

Rest area ini dikenal dengan nama rest area Gunung Putri. Berada di KM 21B, fasilitas yang tersedia adalah dua SPBU, tempat ibadah, food court, minimarket, serta toilet. Rest area ini diposisikan sedemikian rupa sehingga terasa pas sekali dengan perjalanan yang ditempuh pengguna ruas tol tersebut.

Rest Area Jagorawi Arah Bogor/Ciawi

Untuk rest area Jagorawi arah Bogor/Ciawi terletak di tiga titik berbeda, yakni KM 10A, KM 35A, dan KM 45A.

1. Rest Area KM 10A

Dikenal dengan rest area Cibubur Square, tempat ini masuk dalam tipe rest area A. Fasilitasnya adalah SPBU, pusat perbelanjaan Cibubur Square, minimarket, ATM Center, toilet, tempat ibadah, restoran, area parkir yang cukup luas, hingga fasilitas pijat refleksi dan spa. Sangat lengkap bukan?

2. Rest Area KM 35A
Dikenal dengan nama rest area Sentul, daya tarik rest area ini terletak di tenant kuliner yang tersedia di sana. Anda bisa menemukan berbagai masakan nusantara dan masakan cepat saji, serta ada pula jajanan lezat seperti tahu gejrot atau es dawet.

Tentu dukungan fasilitasnya juga cukup lengkap, mulai dari area parkir, toilet, tempat ibadah, serta minimarket dengan layanan pengisian saldo E-Toll.

3. Rest Area KM 45A

Nama lain dari rest area ini adalah rest area Ciawi, dan masuk dalam tipe A rest area yang ada di Indonesia. Fasilitas dari rest area ini lengkap, serta didukung dengan keberadaan Pusat informasi Pariwisata. Berbagai informasi terkait objek wisata di Bogor bisa didapatkan di sana.