Kategori
Otomotif

Siap Menuju Era Elektrifikasi: Daihatsu Hadirkan Konsep VIZION F Di GIIAS 2023

TorakID- Sebagai produsen otomotif mobil kompak dengan kapasitas produksi terbesar, serta fasilitas R&D Center terbesar di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bersama dengan Daihatsu Motor Company, Japan (DMC) berkomitmen untuk turut aktif dalam upaya pengembangan kendaraan listrik menuju era elektrifikasi. Komitmen ini diwujudkan dengan menampilkan mobil listrik konsep Daihatsu VIZION-F, sebuah kendaraan bersegmen komersil untuk aktivitas logistik yang efisien bagi para pelaku bisnis, sekaligus mendukung netralitas karbon untuk masa depan yang lebih baik.

“Mobil listrik konsep Daihatsu VIZION-F merupakan mobil konsep BEV (Battery Electric Vehicle) yang dapat menjadi solusi mobilitas baru dalam beragam aktivitas penggunaan. Mobil istrik konsep VIZION-F ini sekaligus menunjukkan kapabilitas R&D Daihatsu Indonesia dalam melakukan pengembangan konsep mobil listrik sesuai dengan strategi utama Dari Indonesia Untuk Indonesia.” ujar Yasushi Kyoda saat membuka booth Daihatsu di GIIAS 2023.

Mobil listrik konsep Daihatsu VIZION-F mengambil basis platform dari mobil GranMax, yang dikonversikan dari ICE (Internal Combustion Engine) menjadi EV (Electric Vehicle). Sesuai namanya, VIZION–F ini didesain dengan konsep Vision, Zero Emission dan Futuristic, Functional, Fun & Friendly. Nama ini menggambarkan sebuah mobil masa depan ramah lingkungan yang dapat mendukung aktivitas masyarakat, baik untuk bisnis maupun pribadi.
Ditambah, mobil ini juga cocok untuk berbagai aktivitas penggunaan seperti unit rescue (kendaraan penyelamat yang dipasangi baterai yang dapat memasok listrik saat keadaan darurat), truk makanan (kafe keliling) tanpa memerlukan genset, tempat berkemah (camper van), dan kendaraan dinas atau operasional yang dapat memberikan suplai listrik darurat ke kendaraan listrik.

Dalam hal desain keseluruhan, Daihatsu VIZION-F memiliki mengadopsi konsep Stylish dan Futuristic yang terlihat dari warna dominan silver & grey, ditambah aksen warna electric yellow pada bodi mobil yang menjadi representasi dari kendaraan listrik. Desain bumper depan dan pintu belakang yang dilengkapi layer digital membuatnya tampil futuristik, ditambah desain velg 16 inch yang modern.

Pada sisi interior, desain mobil konsep BEV ini juga tampil modern berkat tampilan desain dashboard yang didominasi digital, mulai dari layer meter cluster sebesar 8 inch, ditambah panel display touch screen pada bagian tengah dashboard sebesar 15,6 inch yang modern dan informatif. Sebagai referensi, dalam hal spesifikasi teknis, mobil listrik konsep Daihatsu VIZION-F menggunakan baterai berkapasitas 28 kWh dan motor listrik dengan daya 35 kW. Dengan spesifikasi tersebut, Mobil listrik konsep ini mampu menempuh jarak sekitar 200 KM dengan kecepatan maksimal 100 KM/Jam.