Kategori
Otomotif

ROYAL ENFIELD PIMPIN EKSPEDISI SEPEDA MOTOR PERTAMA KE KUTUB SELATAN

Royal Enfield

TorakID – Royal Enfield adalah merek sepeda motor tertua di dunia yang terus berproduksi sejak tahun 1901. Selama 120 tahun, Royal Enfield telah mempertahankan warisan pembuatan sepeda motor klasik yang sederhana dan otentik serta menarik dan menyenangkan untuk dikendarai. Dengan pengalaman berkendara melalui waktu dan medan yang sulit, Royal Enfield telah muncul sebagai pemenang dalam perjalanan berkendara yang menguji ketahanan manusia dan mesin, serta tetap relevan dan diinginkan sepanjang masa.

Dari permulaan yang sederhana di pabrik Redditch, Royal Enfield telah menciptakan berbagai pengalaman berkendara yang tak terlupakan dan kisah-kisah sepeda motor legendaris selama lebih dari satu abad. Dalam perjalanannya untuk mendorong dan memulai eksplorasi seumur hidup, Royal Enfield telah melakukan berbagai perjalanan di seluruh dunia – mulai dari berkendara di jalanan tertinggi di dunia, hingga mencapai Base Camp Gunung Everest di Tibet; dari berkendara melewati lembah tersulit di Daulat Beg Oldi, Karakoram, hingga berkendara melintasi gurun di Kutch di bawah langit malam yang indah.

Untuk melanjutkan perjalanan ini dan memperingati 120 tahun membangun budaya pure motorcycling, Royal Enfield akan menandai tahun 2021 dengan upaya ambisius mendorong batas-batas kemungkinan perjalanan menggunakan sepeda motor. Royal Enfield akan melakukan ekspedisi menggunakan Royal Enfield Himalayan, untuk mencoba mencapai Kutub Selatan, dimulai dari dataran es Ross Ice melalui Gletser Leverett. 90° South – Pencarian Kutub dikonsepkan sebagai bentuk penghargaan atas komitmen Royal Enfield terhadap pure motorcycling, dan untuk keberanian dan ketangguhan para pengendara dan penjelajah yang telah menciptakan sejarah dengan perjalanan bersama sepeda motor mereka.

Berbicara tentang pencapaian tahun bersejarah Royal Enfield dan upaya ekspedisi, Siddhartha Lal, Managing Director Eicher Motors Ltd, mengatakan, “120 tahun adalah warisan yang panjang bagi Royal Enfield, dan kami sangat senang telah menjadikannya bernilai. Selama bertahun-tahun, kami telah menciptakan dan memelihara budaya berkendara dan eksplorasi yang berkembang di seluruh dunia. Eksplorasi ini telah menjadi bagian penting dari DNA kami, dan 90° South adalah babak baru dalam rangkaian perjalanan sepeda motor kami yang menakjubkan. Di masa lalu, perjalanan seperti Himalayan Odyssey telah membuka jalan bagi petualangan sepeda motor di pegunungan Himalaya dan ekspedisi epik ke Kutub Selatan ini akan semakin menginspirasi orang untuk kembali menjadi petualang. Sebuah tantangan bagi ketahanan dan kegigihan pengendara dan mesin, ekspedisi ini merupakan yang pertama dalam upaya melintasi rute sepanjang 770 km ke Kutub Selatan dengan sepeda motor.”

Dikonsepkan sebagai penghargaan untuk 120 tahun pure motorcyling, dan sebagai apresiasi bagi semua Enfielders yang telah berani melakukan penjelajahan yang tidak biasa, 90° South akan menjadi upaya ambisius untuk mencapai titik yang belum pernah dilalui sepeda motor sebelumnya. Berangkat dari Cape Town, Afrika Selatan, pada 26 November 2021, ekspedisi ini akan melibatkan dua pengendara Royal Enfield – Santhosh Vijay Kumar, Lead – Rides & Community, Royal Enfield, dan Dean Coxson, Senior Engineer- Product Development, Royal Enfield, yang akan berusaha mencapai Kutub Selatan dari dataran es Ross Ice, melintasi Gletser Leverett, hingga mencapai stasiun Kutub Selatan Amundsen-Scott.

Berbicara tentang tujuan Royal Enfield dalam mendorong perjalanan eksplorasi, dan harapan atas kesuksesan ekspedisi ini, Vimal Sumbly, International Business Head for Asia Pacific region, Royal Enfield mengatakan, “Ini merupakan warisan yang tak terputus selama 120 tahun, memberikan semangat dan mendorong batas eksplorasi manusia, serta menjadi inspirasi bagi banyak penjelajah. Perjalanan dan petualangan merekalah yang menginspirasi kami untuk mencoba melakukan ekspedisi menggunakan sepeda motor yang pertama kali dilakukan ini. Upaya berani dan ambisius untuk berkendara ke ujung bumi ini menunjukkan kekuatan semangat pengendara, dan kami berharap dapat menyelesaikannya dengan sukses sebagai bentuk apresiasi untuk semua pengendara Royal Enfield dan ekspedisi-ekspedisi inspiratif mereka sendiri.”

Dilakukan dengan kemitraan bersama Arctic Trucks, 90° South akan melibatkan dua Royal Enfield Himalaya yang dipersiapkan khusus. Arctic Trucks, anggota International Association of Antarctica Tour Operators (Asosiasi Internasional Operator Tur Antartika), terkenal karena keahlian mereka di lapangan dan pengalaman menempuh lebih dari 350.000 km di Dataran Tinggi Antartika. Mereka telah mendukung dan melayani beberapa ekspedisi dan kegiatan ilmiah, serta ekspedisi-ekspedisi komersial dan LSM di masa lalu.

Diluncurkan pada tahun 2016, Royal Enfield Himalayan adalah sepeda motor yang sederhana, sangat mumpuni, dan dapat dibawa ke mana saja. Terinspirasi dari pengalaman berkendara selama puluhan tahun di pegunungan Himalaya, dan melintasi ribuan kilometer medan yang menantang, Royal Enfield Himalayan dibangun untuk menjadi sepeda motor serbaguna yang mumpuni di jalan raya, maupun di luar jalur. Himalayan telah menjadi sepeda motor tepercaya bagi banyak pecinta petualangan di seluruh dunia.

Untuk ekspedisi ini, dua Himalayan telah dimodifikasi oleh tim internal, dengan peningkatan fungsional untuk dapat menavigasi salju dan es agar berfungsi dengan baik di bawah kondisi ekstrem di Antartika. Himalayan yang akan digunakan telah diuji untuk perjalanan yang sulit dan berbahaya ini di gletser Langjokull di Islandia, yang cukup mirip dengan kondisi di Antartika. Pengujian fase 1 diadakan pada September 2020 sementara pengujian fase 2 berakhir pada Juli 2021.

Mengingat Royal Enfield Himalayan merupakan sepeda motor yang lengkap dan siap, hanya sedikit perubahan yang dilakukan pada sepeda motor tersebut untuk membuatnya siap menghadapi medan dan kondisi cuaca di Antartika. Untuk torsi yang lebih besar di roda belakang, sproket penggerak utama telah diubah dari unit 15-gigi, menjadi unit 13-gigi. Pengaturan roda tubeless dengan ban berpaku yang memungkinkan ban berjalan pada tekanan yang sangat rendah, dan untuk meningkatkan daya apung di salju yang lembut, sekaligus memberikan traksi yang memadai di atas es yang keras. Tim Royal Enfield memperkenalkan alternator yang lebih kuat menggunakan magnet tanah jarang, sehingga memungkinkan sepeda motor untuk menghasilkan lebih banyak arus dan memungkinkan tim untuk mengaktifikan gigi panas dari baterai.

Dua unit Royal Enfield Himalayan akan dikendarai di jalur salju padat dari Ross Ice Shelf ke Kutub Selatan, untuk mengurangi hambatan sepeda motor dan membatasi emisi seminimal mungkin. Royal Enfield secara sadar memastikan tidak ada jejak yang ditinggalkan oleh tim ekspedisi selain jejak roda yang akan segera hilang tertutup salju. Sejalan dengan inisiatif Royal Enfield #LeaveEveryPlaceBetter, tim ekspedisi akan memastikan semua limbah termasuk kotoran manusia dibawa kembali untuk dibuang dengan benar.