Kategori
Otomotif

Royal Enfield Interceptor 650 mencatatkan rekor baru di Speed Week Australia dengan kecepatan tertinggi 212,514 km/jam

REI

TorakID- Setiap pengendara motor memiliki ambisi tersendiri untuk terus mengeksplorasi pengalaman baru dan menerjang batas-batas yang ada – dan Royal Enfield berupaya untuk membantu mereka merealisasikannya. Buktinya, Royal Enfield Interceptor 650 Mid Life Cycles’ Salt Racer baru saja menetapkan rekor kelas terbaru pada acara Speed Week tahunan yang digelar di Gairdner, Australia Selatan. Interceptor 650 Twin memecahkan rekor lama yang telah bertahan selama 4 tahun, dan berhasil mencatatkan kecepatan tertinggi yakni 132,050 MPH (mil per jam) atau 212,514 km/jam. Interceptor yang dimodifikasi Mid Life Cycles memasuki Kelas M-F 650 dengan sepeda motor 650cc un-streamlined dan menggunakan bahan bakar komersial tanpa timbal. Rekor baru ini mengalahkan kecepatan 119,961 MPH yang merupakan rekor lama pada tahun 2016.

Pencapaian ini menunjukkan kemampuan mesin terbaru Royal Enfield 650 Twin, yang unggul dalam tantangan untuk mendemonstrasikan kemampuan motor. Rekor luar biasa ini dipecahkan oleh Charlie Hallam pada hari pertama Speed Week (Senin 8 Maret 2021), dengan kecepatannya di 121,782 MPH. Setelah itu, Charlie melakukannya lagi dengan kecepatan 123,601 MPH, dengan rekor sementara di 122,691 MPH.

Di pagi hari kedua, Interceptor 650 mencatat kecepatan di 128,935 MPH dan 130,204 MPH dengan rekor baru sementara di 129,570 MPH. Tim HRA Geelong, yang dikepalai oleh pembalap salt berpengalaman Andrew dan Kate Hallam, mengatakan bahwa kecepatan ini adalah hasil yang luar biasa untuk 650cc single-cam, dengan pendingin udara Twin. Namun, Charlie yakin masih bisa mencatatkan kecepatan yang lebih tinggi lagi. Di sore hari, Interceptr mencatatkan kecepatan 130,370 MPH dan kemudian diistirahatkan semalaman sampai bisa melakukan percobaan Kembali di keesokan harinya. Hasilnya, walau harus digas di bawah langit badai yang kian kencang, Interceptor 650 berhasil mencapai kecepatan tertinggi di 133,779 MPH, sebagai rekor baru di 132,050 MPH.

Bagi Mid Life Cycles, rekor dari Royal Enfield Interceptor 650 semakin memperkuat kepercayaan mereka terhadap mesin Tangguh Royal Enfield 650 Twin dan rangka sepeda motor baja ini dengan putaran ganda tradisional yang dibawa dari jalan raya ke kawasan balap, serta dengan modifikasi minimal yang sesuai dengan aturan kelas. Bagi DLRA, Speed Week 2021 menjadi tanda kemenangan, dijalankan dengan presisi dan humor oleh tim berdedikasi yang terus menjaga antusiasme mereka sepanjang tahun 2020 – terutama dengan diberlakukannya lockdown di negara bagian tersebut.

Mengomentari pencapaian tersebut, Vinod Dasari, CEO Royal Enfield mengatakan, “Royal Enfield 650 Twins adalah salah satu sepeda motor terbaik kami. Motor ini terus meningkatkan standar lebih tinggi dalam bermotor Ini merupakan kedua kalinya kami mencatatkan prestasi menawan bersama Twins. Pada tahun 2018, Bonneville Racer juga mencatat kecepatan yang mengesankan, yakni lebih dari 159 MPH di Bonneville Salt Flats dan rekor kecepatan ini merupakan prestasi luar biasa bagi kami. Pengakuan pada Royal Enfield Interceptor 650 memvalidasi kemajuan yang terus kami lakukan dan kami berharap, ini bisa menginspirasi lebih banyak pengendara sepeda motor untuk menembus batasan-batasan yang ada dan memperoleh kesuksesan.”

DLRA mengadakan Speed Week tahunan di Lake Gairdner, Australia Selatan. Sebuah kecepatan garis lurus pada “the big white dyno”, secepat-cepatnya Anda bisa pergi pada salt lake di pendalaman Australia yang terpencil. Tidak ada latar seperti ini di mana pun di dunia, ini adalah acara yang benar-benar unik di lokasi yang spektakuler. Ada berbagai macam mobil, sepeda motor, dan truk yang menakjubkan yang berasal dari pergantian abad hingga zaman modern.

Vimal Sumbly, Head Business APAC of Royal Enfield menyatakan, “Kami sangat senang Interceptor 650 telah memecahkan rekor kecepatan di Speed Week Australia. Interceptor terus memenangkan hati pengendara di semua pasar Asia Pasifik, ini adalah salah satu sepeda motor paling populer dan telah memiliki lebih dari 5.000 pelanggan di Asia Pasifik, bahkan dianugerahi sebagai Thailand Bike of the Year 2019 pada kategori ‘Best Modern Classic Middle Weight’. Kami terus menjaga nilai-nilai otentik dan nyata bagi mereka yang ingin mencoba menjelajah dan menemukan diri mereka sendiri, serta dunia di sekitar mereka. Kami telah mencatatkan berbagai pencapaian selama beberapa tahun terakhir dan akan terus melakukannya. Kami bekerja secara konsisten untuk mengembangkan jaringan dan kapabilitas kami di kawasan Asia Pasifik, serta membangun komunitas berkendara yang lebih kuat. Dengan dukungan dari pengendara yang selalu semangat, kami ingin meraih lebih banyak lagi penghargaan seperti ini.”

Sepeda motor Royal Enfield 650 Twin terus mendapatkan tanggapan yang luar biasa dari para pelanggan di seluruh dunia dan telah memenangkan banyak penghargaan. Daftar penghargaan bergengsi tersebut antara lain – Bikesales Best LAMS Retro 2019, Thailand Bike of the Year 2019 award pada kategori ‘Best Modern Classic Middle Weight’, “Best LAMS Retro: Royal Enfield Interceptor 650 Twin”, MCN Retro Bike of The Year 2019 di Inggris untuk Interceptor INT 650 dan untuk penampilan terbaik Naked/standard Motorcycle of the year 2019 dari Motorcyclist magazine USA untuk Continental GT 650.