FIA

TorakID– Rovaniemi, sebuah kota kecil di Finlandia menjadi tempat gelaran reli dunia (WRC) 2021 seri Arktik menggantikan reli Swedia yang masih terkendala pandemi Corona dan seri kedua di musim 2021 ini adalah reli dengan jarak terpendek dengan angka 251 km, mengalahkan reli Monako dengan jarak 257 km. Meski digelar di Finlandia, seri ini digelar sebelum reli Finlandia yang sebenarnya digelar pada 29 Juli- 1 Agustus di Jyväskylä.Reli Artik yang digelar 26-28 Februari ini adalah reli tersial bagi Sebastian Ogier karena pereli asal Perancis ini gagal memberikan hasil terbaiknya karena kecelakaan. Pereli Toyota ini kecelakaan di hari Sabtu (27/2) tapi bisa melanjutkan balapan dan berakhir di posisi ke-20 akibat regulasi super rally.

Sepuluh Special Stage digelar tanpa penonton dan memiliki rute berkecepatan tinggi membuat para pereli sanggup membejek gasnya lebih dalam. Sayangnya, Hyundai gagal mendominasi gelaran ini dengan sialnya seorang pendatang baru.

Pereli Hyundai, Ott Tanak meraih kemenangan perdana musim 2021 setelah menjuarai 5 Special Stage (SS1-SS3,SS5-SS6) dan mendominasi gelaran reli Arktik sejak awal lomba. Pereli Hyundai ini berhasil mengalahkan Kalle Rovanpera dari Toyota dan Thierry Neuville sebagai rekan satu tim dari Tanak di Hyundai.

Di reli ini harusnya Hyundai mendominasi balapan karena jasa dari pendatang baru Oliver Solberg. Oliver adalah anak dari Petter Solberg yang menjadi jawara tahun 2003 dengan Subaru dan ia adalah peserta termuda karena berusia 19 tahun. Oliver sendiri mengikuti WRC 3 dan WRC 2 sebagai Privateer dan hanya meraih hasil bagus di posisi keempat tahun lalu di kelas WRC 3. Oliver juga meraih posisi kedua di kejuaraan reli Eropa tahun lalu dengan 112 poin melalui podium ketiga di reli Itaia dan sebuah kemenangan di reli Latvia. Sayangnya, ia gagal meraih podium karena kehilangan waktu di SS terakhir (SS 10) dan membuyarkan kesempatan Hyundai mendominasi gelaran reli Artik.

Dengan hasil ini, Kalle Rovanpera merajai klasemen pereli dengan 39 poin diikuti Thierry Neuville dengan 35 poin dan Sebastian Ogier sekaligus Elfyn Evans yang merupakan pereli Toyota meraih poin sama yakni 31 poin. Pemenang seri Artik, Ot Tanak mengumpulkan 27 poin atau berada di posisi kelima. Di klasemen konstruktor, Toyota meraih 88 poin disusul Hyundai dengan 77 poin dan Ford dengan 24 poin.

Bagikan: