TorakID — Menutup tahun 2023, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, diganjar 2 penghargaan dari institusi bergengsi di bidang marketing atas keberhasilannya menahkodai aksi pemasaran perusahaan di pasar otomotif Indonesia.

Hal ini tak lepas dari komitmen Toyota untuk memahami kebutuhan mobilitas masyarakat serta menjaga kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

Ragam inovasi dan strategi digelontorkan dalam upaya menyesuaikan kebutuhan pasar serta pergerakan zaman. Salah satu contohnya, memasuki era kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota berhasil memimpin pergerakan pasar lewat strategi Multi-Pathway dengan menyediakan produk-produk elektrifikasi yang lengkap dan sesuai kebutuhan pelanggan serta membangun ekosistem yang mendukung mobilitas xEV Toyota, diperkuat kolaborasi bersama value chain untuk memberikan layanan terbaik demi kepuasan pelanggan.

“Selama lebih dari 50 tahun mendukung mobilitas masyarakat Indonesia, PT Toyota-Astra Motor (TAM) berhasil mempertahankan posisi sebagai top of mind di bidang otomotif khususnya kendaraan roda empat berkat kepercayaan dan loyalitas pelanggan dari generasi ke generasi. Seiring berkembangnya zaman, kini dengan bermodalkan strategi Multi-Pathway Toyota terus berupaya meningkatkan kualitas produk dan layanan demi melaksanakan visi Mobility for All. Strategi tersebut direalisasikan lewat kehadiran mobility solution yang mencakup produk dan layanan yang sesuai kebutuhan pelanggan, menjadi pionir inovasi teknologi otomotif, dan memberikan peace of mind untuk kepemilikan jangka panjang,” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Salah satu bukti nyata keberhasilan Toyota adalah eksistensi Toyota Kijang yang telah hadir sejak tahun 1977 hingga sekarang dengan catatan penjualan melampaui 2 juta unit. Sejak mulai dipasarkan akhir tahun 2022, produk kebanggaan lokal All New Kijang Innova Zenix HEV menjadi motor penggerak penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota yang tumbuh pesat, dari sebelumnya 4.436 unit di tahun 2022 menjadi 33.603 unit hingga bulan November 2023.

Di era elektrifikasi, Toyota kembali berinovasi lewat inisiasi gerakan IT’S TIME FOR EVERYONE yang mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam program pengurangan emisi karbon dengan berbagai cara yang sanggup dijalankan. Pilihan lengkap teknologi elektrifikasi ikut dihadirkan kepada masyarakat, mulai Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV), dan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV).

Kepemilikan xEV Toyota pun telah didukung oleh ekosistem yang mudah, andal, dan berkelanjutan. Berikan Total Mobility Solution, Toyota xEV Ecosystem dibangun guna memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk melakukan servis mobil dan charging baterai di 74 dealer resmi Toyota. Fasilitas ini akan bertambah hingga seluruh dealer di akhir tahun 2024. Dengan opsi xEV yang komplit, pelanggan dapat memilih mobility solution yang paling sesuai dengan kebutuhan, gaya hidup, preferensi, dan daya belinya.

Program berikutnya adalah mengedukasi masyarakat untuk mengumpulkan sampah anorganik dan menyetornya ke 6 fasilitas Toyota Waste Station di beberapa lokasi di Pulau Jawa untuk kemudian diolah dengan prinsip 3R (Reuse, Reduce, Recycle).

Toyota melihat bahwa mobil dengan mesin konvensional (Internal Combustion Engine/ICE) masih mendominasi penjualan. Solusinya, Toyota mengembangkan Flex-Fuel Technology yang membuat produk Toyota lebih fleksibel dalam penggunaan energi alternatif baru dan mempercepat pengurangan emisi karbon. Masyarakat diuntungkan karena dapat memilih eco friendly vehicle yang paling memungkinan tanpa perlu merubah kebiasaan mobilitasnya.

Strategi pemasaran berikutnya yang sanggup memperkuat positioning Toyota di Indonesia adalah dengan menghadirkan brand sporty GAZOO Racing (GR). Bermodalkan DNA motorsport Toyota, sports car dan sporty car GR menjadi sangat diminati para motorsport enthusiast dan memancing animo masyarakat untuk lebih mengenal produk GR.

Sehingga kehadiran GR Sport sebagai pilihan varian flagship di beberapa model hatchback dan SUV Toyota. Partisipasi dan prestasi TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) di berbagai ajang balap nasional memperkuat image sport Toyota yang kian mengukuhkan posisinya sebagai opsi sporty car paling memenuhi kebutuhan pecinta sports car dan motorsport.

Keberhasilan Toyota lewat berbagai inovasi dan strategi memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan mendapatkan apresiasi melalui 2 penghargaan bergengsi. Pertama adalah penghargaan Industry Marketing Champion 2023 for the Automotive sector kepada Anton Jimmi Suwandy sebagai Marketing Director PT TAM yang diberikan oleh MarkPlus berkolaborasi dengan Marketeers dan Indonesia Marketing Association (IMA). Anton Jimmi Suwandy diyakini berhasil menunjukkan “semangat pemasaran” yang patut dicontoh sekaligus memberikan dampak terhadap kinerja bisnis perusahaan dan masyarakat.

Penghargaan kedua adalah Best Chief Marketing Officer 2023 in Providing Innovative Products for Various Customer Segmentation (Category: Automotive) dari acara Indonesia Best CMO Award 2023. Warta Ekonomi sebagai pemberi penghargaan melihat bahwa peran Anton Jimmi Suwandy sebagai growth driver perusahaan terbilang cukup besar dengan mengedepankan inovasi pemasaran hingga terus mengembangkan dan memberikan stimulan positif terhadap perekonomian Indonesia.

“Mewakili keluarga besar Toyota di Indonesia, kami mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh MarkPlus dan Warta Ekonomi. Kami yakin, semua pencapaian Toyota selama ini tidak lepas dari semangat inovasi dan kolaborasi solid semua stake holder yang terlibat dalam pemasaran mobil Toyota di Indonesia. Selama lebih dari setengah abad berjuang, kami semua berhasil melewati setiap masa sulit dengan baik dan tumbuh bersama kepercayaan pelanggan. Dengan visi Mobility for All, Toyota berkomitmen untuk menghadirkan ever-better cars agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang dan mendukung upaya menuju netralitas karbon demi masa depan yang lebih baik,” tutup Anton Jimmi Suwandy.

Bagikan: