Jaguar

TorakID- Takuma Aoki, mantan pembalap sepeda motor World Superbike dan Grand Prix, bergabung dengan Jaguar I-PACE eTROPHY untuk Team Yokohama Challenge. Pembalap Jepang ingin membuat sejarah sebagai orang penyandang cacat pertama yang berlomba dalam seri balapan listrik internasional pada putaran ke 3 di Mexico City pada tanggal 15 Februari.

Aoki  lumpuh dari pinggang ke bawah setelah mengalami kecelakaan pada tahun 1998, setahun setelah ia berhasil menyelesaikani 5 putaran menggunakan Honda di kelas 500GP. Semenjak itu, Aoki tetap terlibat dalam kegiatan motorsport dan sukses bersaing menggunakan kendaraan roda empat  yang telah dimodifikasi secara khusus di Dakar Rally 2009 dan Asia Cross Country Rally 2016.

Ajang balap terakhir yang dia ikuti adalah  Michelin Le Mans Cup 2019 – kategori LMP3 dan La Filière Frédéric Sausset SRT41 di kompetisi Road to Le Mans 2019, yang merupakan bagian dari support untuk Le Mans 24 Jam pada tahun 2019.

Pada pengalaman pertamanya dalam balap mobil listrik, Takuma akan mengendarai Jaguar I-PACE eTROPHY yang telah dimodifikasi secara khusus. Sebuah Guido Simplex America Lever aktuator telah dipasang di kolom kemudi menggunakan braket khusus yang telah dimodifikasi bentuknya dan dibuat oleh Jaguar Land Rover SVO, M-Sport dan tim teknik balap dari Takuma. Modifikasi pada posisi pedal box dibuat untuk meningkatkan efisiensi dari aktuasi rem dan aktuasi ‘pull type’ yang dibuat khusus dari throttle untuk memanfaatkan kontrol throttle elektronik eTROPHY. Bentuk yang unik menggunakan pedal yang ada untuk memudahkan modifikasi menjadi mobil balap Jaguar I-PACE eTROPHY.

Takuma Aoki, pembalap Team Yokohama Challenge mengatakan: “Saya sangat senang bisa bergabung dengan Jaguar I-PACE eTROPHY dengan Team Yokohama Challenge sebagai kompetisi pertama saya di mobil balap listrik. Semua orang mempunyai tantangan dalam hidup tetapi saya sekarang dapat membuktikan bahwa hidup ini tidak berakhir dan Anda masih dapat menantang impian Anda, bahkan jika Anda lumpuh sekalipun. Saya ingin berterima kasih kepada tim teknik Jaguar Racing, GuidoSimplex dan M-Sport atas kerja keras mereka memodifikasi mobil, saya tidak sabar untuk berkompetisi di Mexico City bersama beberapa pembalap yang telah berpengalaman”

Mark Turner, Manajer Jaguar I-PACE eTROPHY mengatakan: “Kami sangat senang menyambut kehadiran Takuma di Jaguar I-PACE eTROPHY. Sepanjang karirnya ia telah menunjukkan ketahanan dan menunjukkan kinerja balap yang kompetitif, yang tidak perlu diragukan lagi dan akan terus berlanjut pada  balap mobil listrik untuk pertama kalinya. ”

Adam Jones, Jaguar I-PACE eTROPHY Vehicle Engineering Manager mengatakan: “Mengadaptasi Jaguar I-PACE eTROPHY untuk digerakkan dan di kontrol menggunakan tangan adalah tantangan yang menarik bagi SVO. Bekerja bersama tim balap Takuma dan M-Sport, kami telah mengirimkan sebuah paket yang memungkinkan Takuma untuk bertransisi secara kompetitif pada seri balap eTROPHY. Ini merupakan kolaborasi luar biasa dan menunjukkan Teknik yang progresif dan inovatif di balik Jaguar I-PACE eTROPHY. ”

Bagikan: