Kategori
Otomotif

MMKSI Tingkatkan Performa Sumber Daya Manusia di Dealer Melalui Kontes Nasional 2021

MMKSI

TorakID- Guna meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan terhadap layanannya, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kembali menyelenggarakan Kontes Nasional 2021 untuk para dealer resmi. Agenda ini juga menjadi salah satu pendekatan MMKSI untuk mempertajam performa Sumber Daya Manusia (SDM) dan menjadi sarana untuk memberikan apresiasi kepada SDM dan juga dealer yang telah memberikan layanan dengan kualitas dan performa terbaik.
“SDM merupakan salah satu aset berharga kami dalam menjalankan bisnis. Sangat penting untuk kami menjaga kualitas serta performa setiap anggota sehingga konsumen dapat merasakan secara nyata layanan serta nilai-nilai terbaik perusahaan kami. Ajang ini pun hadir untuk mendorong seluruh dealer dan karyawannya untuk terus memberikan pelayanan terbaik terhadap konsumen dan tentunya sebagai bentuk apresiasi untuk mereka yang telah memberikan dedikasi terbaik baik untuk brand maupun konsumen. Seluruh rangkaian agenda ini, sejalan dengan ambisi kami untuk terus berkembang dan memberikan performa terbaik kami di bidang otomotif,” ungkap Naoya Nakamura Presiden Direktur PT MMKSI.
Unsur yang diuji dalam ajang ini masih sama yaitu MMKSI menguji kemampuan SDM dealer pada unsur layanan sales, after sales, serta customer satisfaction. Ajang ini memiliki 4 kontes utama yakni Sales Apraisal Program (SAP) yang ditujukan untuk tenaga penjual dengan 3 level berbeda (Sales Force, Sales Supervisor, dan Sales Manager), Dealer PDCA Contest ditujukan bagi Customer Satisfaction Officer (CSO), CS Performance Program untuk dealer dengan layanan penjualan dan purna jual terbaik, dan After Sale Contest yang ditujukan untuk 3 level berbeda (Senior Technician, Service Advisor, dan Junior Technician).
Dalam menentukan pemenang pada kontes ini, MMKSI melakukan beberapa tahapan seleksi yang diselenggarakan secara virtual dan tanggal 2 Maret 2022 menjadi puncak dari acara tersebut yang dikemas dalam agenda “Virtual Awarding Contest 2021”. MMKSI memberikan penghargaan bagi pencapaian yang dicapai oleh dealer selama kontes berlangsung. Pelaksanaan agenda ini sejalan dengan tagline “Drive Your Ambition” dimana MMKSI berharap dapat mendorong dealer resmi Mitsubishi Motors di seluruh Indonesia untuk terus mendorong ambisinya dalam menghasilkan SDM yang berkualitas.

A. SALES APPRAISAL PROGRAM
Kategori Sales Appraisal Program (SAP) dalam kontes nasional menjadi agenda tahunan MMKSI untuk memotivasi tenaga penjual di dealer kendaraan penumpang (PC) di dealer mulai dari level Sales Force, Sales Supervisor, dan Sales Manager untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas penjualan serta memberikan kepuasan dan meningkatkan loyalitas pelanggan Mitsubihi Motors.

Selain itu, terdapat juga kategori Best Seller Competition Light Commercial Vehicle (BSC LCV) yang merupakan penghargaan kepada tenaga penjual dari dealer Kendaraan Niaga ringan (LCV) dimana pemenangnya masing -masing dari 4 region.

Poin-poin yang dievaluasi dalam kategori SAP untuk tenaga penjual meliputi produktivitas penjualan seorang sales force yang didukung oleh pengetahuan produk yang baik, kemampuan berkomunikasi dalam menjelaskan produk, serta kualitas pelayanan yang maksimal kepada seluruh pelanggan Mitsubishi Motors.

Di level Sales Supervisor dan Sales Manager, aspek evaluasi lebih ditekankan pada kepemimpinan di dalam tim (Team Leadership) serta pencapaian target penjualan (Target Achievement).

B. CS PERFORMANCE PROGRAM
Pada kategori CS Performance program, Penghargaan diberikan kepada tim dealer dengan performa terbaik dalam aspek layanan penjualan maupun purna jual.

Peserta CS Performance 2021 dibagi kedalam 4 grade berdasarkan volume penjualan di tahun 2021. Masing – masing Grade A hingga C untuk dealer kendaran penumpang (PC) dan Grade D khusus untuk dealer kendaraan Niaga ringan (LCV). Total peserta CS Performance program 2021 sebanyak 148 dealer dimana 115 dealer Kendaraan penumpang (PC) dan 33 Dealer Niaga Ringan (LCV).

Evaluasi CS Performance 2021, dibagi kedalam 3 tahapan berdasarkan penilaian Telesurvey dan program MMKSI (SSI/CSI), keikutsertaan PDCA Contest, serta Validasi Genba yang dilakukan secara virtual.

C. DEALER PDCA CONTEST
Dealer PDCA Contest (Customer Satisfaction Officer) yang dilaksanakan tiap tahunnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan di dealer melalui CSO sebagai agen yang membawa perubahan. Kontes ini mengusung konsep kaizen/PDCA (Plan-Do-Check-Action), yaitu perbaikan terus-menerus di area yang bersentuhan dengan kepuasan pelanggan berdasarkan situasi aktual yang ada di dealer, mencakup nilai perbaikan berkesinambungan dan melibatkan elemen SDM lainnya, mulai dari level operasional hingga manajemen. Total peserta sebanyak 86 dealer PC dari Grade A-C dan juga 23 dealer LCV mewakili Grade D
Dalam kontes ini, CSO harus mampu menganalisa celah yang dapat diperbaiki berdasarkan observasi kondisi di dealer dengan data-data yang tersedia (termasuk suara pelanggan), membuat & menjalankan rencana perbaikan di dealer, lalu mengevaluasi hasil perbaikan yang sudah dijalankan.

D. AFTER SALES CONTEST
Pada kontes ini, MMKSI ingin memotivasi tenaga kerja after sales untuk meningkatkan kemampuan dalam pelayanan sehingga pelanggan dapat merasakan kepuasan yang maksimal dari layanan yang diberkan. Total peserta After Sales Contest 2021 sebanyak 140 dealer (3S Dealer). Target kontes pertama yaitu ditujukan untuk posisi Junior Technician yang harus memiliki keterampilan dan kemampuan dalam melakukan proses perawatan berkala untuk kendaraan penumpang . Selain itu, kontes ini juga mencatat kecepatan kerja serta kualitas yang maksimal sesuai dengan standar dealer resmi Mitsubishi Motors. Kedua, Senior Technician di mana diposisi ini harus memiliki keterampilan dan kemampuan dalam menangani servis, mampu menangani permasalahan dengan cepat dan sesuai prosedur yang ada, serta tentunya mampu mengoperasikan peralatan di dealer. Terakhir yaitu Service Advisor yang harus memiliki keterampilan dan kemampuan dalam melakukan proses penermaan hingga penyerahan kendaraan kepada pelanggan Dengan cara menerapkan 7 Step Procedure, hospitality, kemampuan penanganan dan konsultasi keluhan pelanggan serta menawarkan produk perawatan kendaraan.

DAFTAR PEMENANG SALES APPRAISAL PROGRAM 2021

  1. Sales Force
    a. Juara 1: ANDREAS RULLY – PT. DWINDO BERLIAN SAMJAYA – BINTARO, TANGERANG SELATAN
    b. Juara 2: DIMAS M. FIRDAUS – PT. DIPO INTERNASIONAL PAHALA OTOMOTIF – TASIKMALAYA
    c. Juara 3: M. MIFTACHUN NIAM – SUN STAR MOTOR – SUKOHARJO
  2. Sales Supervisor
    a. Juara 1: CERVIN WIJAYA – PT. SARDANA INDAHBERLIAN MOTOR – MEDAN
    b. Juara 2: EKO SUMARSONO – PT. SRIKANDI DIAMOND INDAH MOTORS WIYUNG, SURABAYA
    c. Juara 3: KUANG JHIEN – PT. BUMEN REDJA ABADI LATUMENTEN, JAKARTA BARAT
  3. Sales Manager
    a. Juara 1: FADILA PALLOGE – PT. BOSOWA BERLIAN MOTOR PETTARANI (MAKASSAR)
    b. Juara 2: WIDYA ADI NUGROHO – PT. SUN STAR MOTOR PURWOKERTO
    c. Juara 3: SATRIYO DHIGDOYO – PT. DWINDO BERLIAN SAMJAYA – CAKUNG, JAKARTA TIMUR
  4. BSC LCV
    a. Juara Reg. 1: AHMAD YANI – PT. DIPO INTERNASIONAL PAHALA OTOMOTIF CILEGON
    b. Juara Reg. 2: ANDRI CAHYONO – PT. BUMEN REDJA ABADI MAGELANG
    c. Juara Reg. 3: HIJRA FEBRIKARDO – PT. DIPO INTERNASIONAL PAHALA OTOMOTIF PADANG
    d. Juara Reg. 4: HIRFINA NINGRUM YUNIASARI PT. DIPO INTERNASIONAL PAHALA OTOMOTIF MADIUN

DAFTAR PEMENANG DEALER PDCA CONTEST 2021

  1. Juara – Grade A, MARYONO dari dealer PT SRIKANDI DIAMOND MOTORS – SUNTER
  2. Juara – Grade B, TITA HERNITA dari dealer PT SUN STAR PRIMA MOTOR – FATMAWATI
  3. Juara – Grade C, ADITYA PERMANA PUTRA dari dealer PT SRIKANDI DIAMOND MOTORS – POS PENGUMBEN
  4. Juara – Grade D, RUSTIN MEI ARISTA dari dealer PT SRIKANDI DIAMOND INDAH MOTORS – TUBAN

DAFTAR PEMENANG DEALER CS PERFORMANCE 2021

  1. Juara Nasional – VINA FEBRIANA dari dealer PT SUN STAR MOTOR – PROBOLINGGO
  2. Juara – Grade A, ARI WAHYUNI dari dealer PT SRIKANDI DIAMOND INDAH MOTORS – PECINDILAN
  3. Juara – Grade B, HANUM DWI PANGESTI dari dealer PT SUN STAR MOTOR – BANYUMANIK
  4. Juara – Grade C, VINA FEBRIANA dari dealer PT SUN STAR MOTOR – PROBOLINGGO
  5. Juara – Grade D, FIRDA FEBRIANTY SAVAROS dari dealer PT BOSOWA BERLIAN MOTOR – SORONG

DAFTAR PEMENANG AFTER SALES CONTEST 2021

  1. Juara 1 – PT Dipo Internasional Pahala Otomotif – Jakarta Barat
  2. Juara 2 – PT Bumen Redja Abadi – Sidoarjo
  3. Juara 3 – PT Dipo Internasional Pahala Otomotif – Medan