MGMI

TorakID– Kembali beraksinya MG di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), memperlihatkan spirit MG yang selalu menyala setelah hampir 100 tahun hadir melayani pasar global, termasuk Indonesia. Bahkan, lebih terang dibanding sebelum-sebelumnya.

MG adalah brand otomotif terkemuka asal Inggris yang berdiri sejak tahun 1920, dan resmi sebagai merek dagang pada 1924. Dalam perjalanan sejarahnya, MG punya andil besar dalam menghidupkan ajang balap otomotif, lewat kiprah dan prestasinya dalam beragam kompetisi bergengsi kelas dunia, seperti Mille Miglia, British Touring Car Championship, juga ajang balap ketahanan yang legendaris, Le Mans, dan masih banyak lagi.

Selepas Perang Dunia II di tahun 1945, MG mulai mengembangkan pengaruhnya bukan hanya di benua biru, Eropa bahkan sampai ke Amerika Serikat. Sport car MG diboyong oleh para pejuang AS dan sejak saat itu Negara Paman Sam menjadi pasar yang penting untuk ekspor MG.

Pada 2020, MG resmi melebarkan sayapnya ke Indonesia, sebagai pasar yang memiliki potensi besar di Asia Tenggara.

Di UK tahun lalu MG mempertahankan posisinya sebagai brand mobil dengan pertumbuhan tercepat, dengan 38.312 unit berhasil terjual pada sembilan bulan pertama. Data dari Society of Motor Manufacturers and Traders (SMMT) memperlihatkan market share MG meningkat 82% secara year-on-year, dengan penjualan di bulan September 2022 menandai peningkatan sebesar 61% dari September tahun sebelumnya.

Sementara di salah satu negara Asia, MG Motor India membukukan peningkatan penjualan sebesar 53%, dengan berhasil menjual 3.899 unit pada Desember 2022 dibanding 2.550 unit di bulan yang sama tahun sebelumnya. Belum lagi untuk pasar mobil listrik, MG Electric menjadi mobil no. 1 yang paling banyak diminati menurut Auto Trader.

Melewati perjalanan panjang, evolusi MG yang digerakkan oleh inovasi dalam technology, design, performance, serta safety, telah mengantarkan MG pada keberhasilan meredefinisi ekspektasi seluruh pasar global hingga Indonesia melalui berbagai line-up mobilnya, dan terus konsisten melakukannya sampai detik ini.

Line-up MG yang sudah dinikmati oleh seluruh pecinta otomotif Tanah Air begitu luar biasa,” tutur Arief Syarifudin, Marketing and PR Director MG Motor Indonesia. “Mulai dari New MG ZS, SUV compact nan modern yang saat ini sangat digandrungi konsumen SUV di Tanah Air.

“Belum lagi 4-door coupé yang menjadi game changer di Indonesia, yaitu MG 5 GT yang berhasil berada pada top 2 sedan. Bahkan berkat desain MG 5 GT yang begitu atraktif, di ranah internasional mobil ini dianugerahi penghargaan kategori “Compact Sport Cars” di tahun 2021 dari Good Design Award, sebuah ajang penghargaan desain bergengsi di Jepang.

“Dan yang baru kami luncurkan, medium SUV New MG HS, berhasil meraih hati konsumen Tanah Air. Baru dirilis tapi sudah banyak pemesannya.”

Konsumen itu adalah, “Milenial dan Gen-Z, yang notabene menjadi pengguna MG terbanyak di Tanah Air, mereka mendominasi sebesar 53% market MG,” ungkapnya.

Dirinya mengakui, Indonesia International Motor Show 2023 dengan tema BOOST (Bringing Opportunity for Automotive Society Together), membuat MG bersemangat untuk memberi sesuatu yang baru, kejutan, sekaligus menjawab kebutuhan para Milenial dan Gen-Z.

Ia menjelaskan, “Milenial dan Gen-Z adalah orang-orang yang open-minded, technology-friendly, mengerti akan hal yang sangat kekinian, dan punya spirit always possible. Karakter itu akan kami terjemahkan di IIMS 2023, dengan tema kami yang baru: BEYOND BOUNDARIES.”

Seraya memberi bocoran, ia mengatakan, “Green technology merupakan sesuatu yang akan MG berikan sebagai kejutan untuk Indonesia.” tutupnya. Apakah MG4 EV yang akan dibawa MG Motor Indonesia di ajang IIMS 2023? Arief masih menutup rapat informasi mengenai hal tersebut pada sesi peluncuran IIMS 2023 yang dilakukan oleh MG secara virtual.