Kategori
Otomotif

Mengenang Mazda 5/Premacy Yang Masuk Terlambat

Mazda

TorakID- Mazda 5 atau yang sering disebut sebagai Mazda Premacy masuk ke Indonesia sejak Agustus 2017 padahal di Jepang sana sudah ada sejak Juli 2010 dan yang versi SkyActiv ada sejak Januari 2013. Mazda 5 memiliki spesifikasi kaki kaki dan mesin yang sama persis dengan Mazda Biante SkyActiv yaitu menggunakan suspensi belakang independent multilink dan mesin PE-VPS yang menghasilkan tenaga sebesar 151hp dan torsi sebesar 19.4 kg.m. Mazda 5 yang didatangkan ke Indonesia berbasis dari varian 2.0 SkyActiv L Package yang menjadi varian termahal yang dijual Jepang.

Mobil keluarga yang resmi diumumkan harganya oleh PT Eurokars Motor Indonesia pada 22 Oktober 2017 di Epiwalk Komplek Epicentrum, Kuningan, Jakarta tersebut pun juga bersamaan dengan dirilisnya banderol dari 4 model buatannya, yaitu Mazda 6 Estate, Mazda 3 Hatchback, dan MX-5 RF. Mereka memang sengaja menghadirkannya untuk masyarakat Indonesia mengingat pasar mobil MPV saat ini masih merajai dominasi pasar kendaraan roda empat di Tanah Air. Dengan begitu maka dipastikan bahwa pasar otomotif di sektor mobil keluarga atau Multi Purpose Vehicle ini akan semakin ketat.

Mazda 5 ini memiliki bentuk desain yang cukup ideal dengan ukuran medium. Di mana, bodinya lebih besar dari tipe VX-1 namun tampak lebih kompak jika dibandingkan dengan varian Biante. Begitu juga dengan interiornya yang menampilkan kemegahan dengan ukuran kabin luas sehingga sanggup menampung lebih banyak penumpang tanpa sesak.

Namun sayangnya Mazda Premacy stop produksi di Jepang sejak Desember 2017 mengingat bahwa Mazda sudah stop memproduksikan MPV dari Biante, Premacy, dan MPV (Mazda 8). Dan Indonesia pun hanya kebagian jatah yang sangat terbatas karena Mazda 5 dijual dari Agustus 2017 sampai Desember 2018 karena Mazda 5 sendiri baru dijual setelah dipegang oleh Eurokars. Mungkin kalau Mazda Motor Indonesia (sebelum Eurokars) memasukkan Mazda 5 ketimbang Mazda VX-1 maka mungkin umur Mazda 5 akan panjang di Indonesia.