Kategori
Otomotif

Mengenal VW Golf Generasi Keempat Yang Memulai Golf CBU Di Indonesia

Volkswagen

TorakID- Volkswagen Golf Mk I sempat menjadi mobil terakhir Volkswagen yang dipasarkan secara resmi di Indonesia. Ketika keran mobil impor dibuka pada tahun 1999, VW kembali di bawah bendera PT Car and Cars Indonesia dan salah satu produk yang diandalkan adalah Golf yang telah memasuki generasi keempat. Golf ini masuk kategori CBU setelah Golf MK I sempat dirakit di Indonesia pada era 70an.

Tidak tanggung-tanggung 2 varian langsung ditawarkan yaitu Golf 1.6 dan 1.8. Keduanya memiliki body yang sama. Body ini dirancang agar rigid dan memakai pola perakitan minim part terurai. Pengelasan juga dilakukan dengan bantuan sinar laser untuk mengurangi bobot sambungan antar panel. VW menjamin body Golf bebas karat selama 12 tahun.

Masuk ke dalam, terdapat interior simpel. Terdapat perbedaan antara kedua model. Untuk 1.6 liter didominasi bahan kulit dari jok hingga detail dashboard. Sedangkan 1.8 terasa lebih sporty dengan jok Revaro berwarna merah. Untuk ukuran hatchback, Golf memiliki volume kabin yang cukup besar yaitu 1.184 liter. Jok depan dan belakang memberikan ruang kabin yang pas untuk orang Indonesia. Desain semua indikator dibuat ringkas, mudah diamati dan gampang dioperasikan.

Setir mobil yang dapat diatur naik turun serta maju mundur mempermudah pengemudi untuk menemukan titik mengemudi yang paling pas. Jok depan juga mudah diatur, untuk memudahkan penumpang Golf juga dilengkapi cup holder dan lampu baca. Mesin 4 silinder 1.600 cc 16 katup mampu menghasilkan 102 hp dan torsi 148 Nm. Walau dipasangkan dengan transmisi matik, akselerasi mobil ini tergolong baik dan pada jalan tol tenaga tersalur dengan baik dan cukup untuk menyalip mobil lain dalam kecepatan tinggi.

Sementara mesin 4 silinder 1.800 cc 20 katup turbo mampu menghasilkan tenaga 177 hp dan torsi 235 Nm. Mesin ini dengan mudah mendorong body Golf seberat 1.212 kg dengan mudah. Posisi gigi 1 dan 2 terasa kuat beraksi dan angka 160 km/jam bisa diraih dengan tuas transmisi belum menyentuh gigi 5 dan mesin belum berteriak.

Sistem rem Golf telah dilengkapi dengan ABS dan EBD yang membantu pengereman. Suspensi Golf yang terdiri dari wishbone 3 titik di depan juga cukup lincah diajak bermanuver serta menghindari gejala body roll. Terdapat juga anti roll bar pada setiap bagian suspensi yang membuat setir mudah terkoreksi.