Kategori
Otomotif

Mengenal Toyota Crown Comfort: Crown Khusus Taksi

Toyota Motor Philiphine

TorakID- Toyota Crown Comfort, Itulah nama dari mobil ini, sebenarnya ini beda kasta dengan Crown Royal/Super Saloon, meskipun ada beberapa bagian dari Crown yang dipakai disini, namun itu partial saja. Tidak sampai sasis, body pun beda. Mobil ini memang didesain khusus untuk menjadi taksi, khususnya di wilayah Asia.

Mobil ini pernah menjadi armada taksi Silver Bird, bareng dengan Nissan Cedric. Masuk pertama kali di tahun 2003, CBU Jepang 150 unit. Walaupun cuma sebentar saja (2003-2004), lalu digantikan dengan Mercedes Benz C230 Sport W203 Lampu Kacang (2005/2006-2007) karena ditawari dengan potongan harga gede, saat itu juga Nissan Cedric sudah saatnya peremajaan (3 gelombang pemesanan: 1992 (Ex KTT), 2000 & 2004) yang membuat Silver Bird mempertimbangkan mercy…
.
Mesinnya Diesel… 3.0L 5L Inline 4 tetapi sangat halus, irit & reliable. Tidak rewel, spareparts masih lumayan tersedia & mirip dengan Kijang. Mobil ini cukup luas, terutama untuk bagian belakangnya. Bagasinya juga, bahkan bisa memuat kursi roda bagi orang difabel. Di Jepang sana pintunya sudah otomatis, bisa terbuka sendiri (di bagian kiri belakang), nah… biasanya bagi yang belum tau pasti langsung main dibuka saja dan akibatnya supirnya akan marah karena takut mekanisme pintunya rusak. Sayangnya disini tidak kebagian fitur tersebut.

Mobil ini sudah didesain sedemikian rupa agar supirnya tetap nyaman walaupun melakukan perjalanan yang jauh dan lama (kursi model benchseat). Untuk penumpangnya sendiri akan dimanjakan dengan jok yang empuk, suspensi yang lembut dan headroom (karena atapnya tinggi) + legroom yang luas (terutama untuk orang Asia) sesuai dengan namanya, Crown Comfort.
.
Namun karena ini mobil yang ditujukan untuk taksi, maka sangat basic. Hard plastic, belum power window & tidak ada tachometer. Untuk parts body + kaki-kaki jarang, harus indent.