Kategori
Uncategorized

Mengenal Suzuki Every: Mobil CBU Yang Punya Spare Part Mobil Lokal

Ace Auto Japan

TorakID- Ini adalah Suzuki Every, hanya dijual setahun saja yaitu dari 2003-2004. Hanya ada sekitar 500/550 unit yang masuk dari Malaysia (unit yang tidak laku disana) namun ini itungannya masih CBU Jepang kok, tapi mengalami berbagai penyesuaian agar bisa sesuai dengan Indonesia. Emblem, tuning mesin & dipasang catalytic converter (agar bisa minum BBM oktan rendah). Formatnya RWD & Mid-Engine (mesin dibawah jok depan). Untuk mesinnya sendiri karena ini masih satu keluarga dengan Carry mirip dengan mesinnya Carry Futura 1.3/Esteem 1.3, maka untuk spareparts sendiri tak usah begitu pusing karena mirip dengan mobil yang sudah lazim disini, banyak & cukup murah. Tapi untuk perintilan seperti part body/slow moving parts lumayan susah nyarinya.
.
Ini varian panjangnya Every. Aslinya namanya Every Landy di Jepang, namun setelah masuk sini nama “Landy” dibuang. Sama kasusnya dengan Taruna yang wujud aslinya Toyota Cami/Daihatsu Terios Kid yang pendek menjadi panjang (satu-satunya pasar yang menyediakan model bodi panjang seperti ini) & Daihatsu Be > Go yang setelah masuk sini jadi Rush Terios pun panjang. Mengikuti selera pasar sini.
.
Untuk fiturnya sangat wow untuk MPV pada masanya karena standar spek Jepang yaitu Single SRS Airbag (driver only), wide sunroof, cabin heater, jok tengah ISOFIX, A/C Double blower (letaknya diatas jendela, sampe baris 3), EPS (Electronic Power Steering), central lock, sliding door, rear defogger + wiper & captain seat (jok baris 2). Kabarnya hanya ada pilihan transmisi automatic untuk mobil ini. Tapi beberapa ada yang swap ke manual dari APV/Carry. Namun entahlah karena ada yang bilang manualnya ada, tapi tidak sebanyak yang matic.