Kategori
Otomotif Uncategorized

Mengenal Stilo, Mobil Fiat Modern Terlangka Di Indonesia

Fiat Owners Serbia

TorakID- Nama Fiat memiliki sejarah yang luas di Indonesia. Tercatat salah satu mobil tertua di Indonesia adalah Fiat 60 HP tahun 1908 milik Keraton Solo, Fiat juga menjadi salah satu merek mobil yang dirakit di Indonesia sejak 1913. .

Pada tahun 30an hingga 60an merek Fiat merajai jalanan Indonesia yang awalnya diwakili Fiat Italia langsung sebelum berpindah ke PT Daha milik raja mobil Hasjim Ning. Nama Fiat sempat hilang di tahun 80an dan kembali lagi lewat Astra melalui PT Federal Motor yang memasarkan Fiat Uno. .

Akhirnya setelah keran mobil CBU dibuka Fiat Italia membuka kantor perwakilan langsung di Jakarta. Sayangnya Fiat hanya memamerkan mobil dan tidak kunjung berjualan namun dengan adanya IU maka publik bisa mencicipi mobil buatan Kota Turin, Italia ini.

Salah satunya adalah Fiat Stilo ini, meskipun terbilang mobil kecil tetapi mobil ini meiliki banyak fitur. Terdapat meja piknik yang terpasang di belakang jok depan, mengingatkan kepada kursi Fiat 500 yang dapat dilepas menjadi kursi piknik. Sistem reclining jok Stilo juga termasuk canggih di zamannya yaitu bisa membuat jok tampil mengecil dan melebar. Dari sisi keselamatan Stilo sudah dilengkapi 8 airbag dengan airbag depan memiliki model multistage. .

Pengereman menggunakan tipe cakram keempat roda dan dilengkapi dengan ABS, EBD serta Emergency Brake Assist saat menghadapi kondisi darurat. Fitur keamanan aktif seperti Anti Slip Regulator dan Electronic Stability Program juga menambah daftar panjang fitur mobil.

Tidak heran Stilo merebut gelar Car of the Year Brazil tahun 2002 karena Stilo menerapkan inovasi teknologi terbaik terutama dalam mekanikal seperti mesin dan transmisi sehingga konsumsi bahan bakar dan dinamika berkendara menjadi bagus. Fitur kenyamanan yang bisa ditemukan di Stilo antara lain sistem infotainment dengan GSM dual band yang bisa mengakses WAP Internet dan GPS. Sistem audionya tidak hanya bisa memainkan CD tetapi juga MP3 dan radio.


Bahkan Stilo telah dilengkapi dengan sistem voice recognition yang kala itu hanya tersedia di mobil mewah seperti Jaguar S-Type. Dengan sistem ini maka pengemudi tidak perlu kerepotan mengoperasikan tombol saat mengemudi. Pengoperasian sistem ini juga cukup mudah, pengemudi hanya perlu menekan tombol di setir dan memberikan perintah contohnya “CD” yang kemudian diikuti “Track Ten” maka komputer akan memainkan lagu urutan ke 10 CD. Jika ingin menyetel radio tinggal berkata “Radio” dan memilih frekuensi yang diinginkan melalui layar sentuh LCD 20cm.


Teknologi lain yang dimiliki Stilo adalah wiper dan lampu pintar yang menyala otomatis sesuai dengan situasi jalan. Misal saat gerimis maka wiper hanya akan berjalan pelan tetapi semakin deras maka wiper akan otomatis bergerak. Begitu juga dengan lampu yang menyala otomatis tergantung situasi jalanan. Mobil ini juga telah dilengkapi cruise control yang dilengkapi dengan radar sehingga bisa bekerja secara pintar tergantung situasi di jalan. Pengguna Stilo juga tidak perlu menggunakan kunci tetapi ada transponder yang membukakan pintu secara otomatis dan menyalakan mesin cukup dengan tombol. .