

TorakID- Nissan 370Z diperkenalkan pada LA Auto Show 2008 sebagai penerus seri 350Z. Seri 350Z sendiri diluncurkan pada tahun 2002 dan menggantikan 300ZX. Berbeda dengan 300ZX dimana mobil ini sudah berevolusi menjadi GT mewah dengan teknologi canggih. 350Z menandakan kembalinya seri Z sebagai mobil sport murni.
Dengan desain yang terinspirasi dari 240Z, seri 350Z mendapat sambutan yang hangat. Setelah hampir 6 tahun, seri 350Z digantikan oleh 370Z. Walaupun secara keseluruhan tampilan 370Z masih terlihat seperti 350Z. Nissan mengklaim seluruh bagian 370Z sudah didesain ulang. Secara ukuran 370Z lebih pendek dan rendah yaitu (P x Lx T) 4.205 x 1.845 x 1.315 mm. Wheelbase mobil juga lebih pendek 100 mm dari 350Z. Tetapi lebar mobil meningkat 35 mm dan trek roda belakang melar 56 mm.
Perubahan ini dibuat oleh desainer Nissan yang ingin meningkatkan kelincahan mobil saat bermanuver. Dan terbukti 370Z sanggup memenuhi keinginan pengemudi dan sigap mengikuti arah kemudi kendati setir terasa sedikit ringan di kecepatan tinggi apalagi 370Z sudah dibekali teknologi Electronic Stability Program (ESP). Handling yang bagus tentunya menimbulkan konsekuensi yaitu bantingan 370Z yang terbilang kerasa. Apalagi suspensi depan dibuat untuk menahan gaya lateral dan membuat mobil terasa tidak nyaman saat terkena lubang atau melewati jalan bergelombang.
Untuk dapur pacu, Nissan menggunakan mesin V6 3.696 cc N/A berkode VQ37VHR dengan teknologi Variable Valve Event and Lift (VVEL) yang mengatur waktu buka tutup katup. Hasilnya mesin ini mampu mengeluarkan tenaga 332 hp dan torsi 370 Nm. Hasilnya 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam 5 detik menuju top speed 250 km/jam.
Sebagai mobil sport dengan mesin yang cukup besar, mesin 370Z terasa sangat halus dan senyap ketika dinyalakan. Tetapi ketika mesin dibejek maka suara khas mobil sport sangat terasa. 370Z dibekali dengan transmisi otomatis 7 percepatan dengan paddle shift di setir. Performa mobil sangat terasa saat transmisi dimasukan ke mode manual dengan paddle shift. Transmisi ini cukup cekatan dalam perpindahan gigi dan juga dilengkapi dengan fitur untuk menjaga mesin tidak overrev saat turun gigi hingga 2 step.
Secara tampilan memang 370Z terasa lebih montok dari 350Z dengan spakbor yang besar. Kap mesin yang panjang dan bagian belakang yang pendek merupakan ciri khas dari 240Z. Pada bagian belakang terdapat spoiler yang terintegrasi dan lampu belakang model boomerang yang membuat tampilan mobil menjadi lebih dinamis. Interior mobil memadukan dua nuansa yaitu modern dan klasik, dashboard mobil dibuat berorientasi kepada pengemudi. Panel instrumen 370Z juga tergolong unik karena speedometernya mengikuti posisi setir saat diatur ketinggiannya.
Terdapat tiga indikator kecil di bagian tengah sedangkan di bagian tengah terdapat layar LCD yang berfungsi sebagai pengatur sistem audio dan navigasi. Posisi duduk dibuat merendah ala mobil sport dan jok semakin nyaman berkat penyematan jok elektrik. Performa 370Z tergolong cepat pada masanya, tampangnya pun bisa menarik penggemar Nissan seri Z karena mobil ini terkenal di film Fast 5 (franchise Fast And Furious) maupun balap mobil Super GT sebagai mobil balap kelas GT 500/300 atau mobil balap GT4 di Eropa.