Kategori
Uncategorized

Mengenal Jaguar X Type Yang Populer Di Awal 2000an

Jaguar

TorakID- Hadirnya X-Type pada awal tahun 2000an membawa perubahan image bagi Jaguar, sebelumnya di Indonesia Jaguar dianggap mobil masyarakat teratas dan terdapat feeling yang membuat pemilik mobil ini merasa seperti bangsawan Inggris. Kini X-Type hadir di kelas sedan menengah dan mencoba mengusik BMW dan Mercedes-Benz.

Tipe yang pertama kali mendarat di Indonesia adalah X-Type SE dengan mesin V6 2.500 cc yang masuk ke kelas BMW 325i dan Mercedes C240 Elegance. Harga X-Type sendiri lebih mahal yaitu Rp 688,8 juta dibanding BMW dengan Rp 545,5 juta dan Mercedes dengan Rp 550 juta. .

Walaupun memiliki harga yang lebih mahal dari rivalnya, pihak Jaguar yang diwakili oleh Tryfena Sri Rahajoe yang saat itu menjabat Senior Marketing Communication Specialist PT Prima Auto Grupindo (PAG) sebagai APM Jaguar di Indonesia menyatakan pede karena market mobil ini sudah jelas yaitu eksekutif muda mapan yang banyak di kota-kota besar Indonesia.

Mesin V6 2.495 cc 24 katup yang mampu menghasilkan 196 hp dan torsi 241 Nm terasa menghentak agresif saat pedal gas ditekan dan memberikan akselerasi yang bagus bahkan dengan transmisi otomatis 5 percepatan. Satu hal yang dapat dipuji ke Jaguar adalah kelembutan sistem suspensi. Dipadukan dengan kabin yang sangat senyap dan desain mewah wood panel dan bahan kayu membuat penumpang akan merasa sangat nyaman.

Kemampuan manuver X-Type dibantu dengan sistem dynamic stability control (DSC) yang diklaim Jaguar dapat membantu handling mobil. Hasilnya saat kecepatan 100 km/jam kemudi diputar sambil sedikit menginjak rem dan keseimbangan X-Type membuat mobil lebih mudah keluar tikungan. X-Type sendiri digadang-gadang sebagai mobil terpenting Jaguar saat itu, walaupun penjualannya termasuk terbesar, sayangnya X-Type belum sesukses rivalnya dan isu sharing platform dengan Ford Mondeo yang notabene merupakan sedan biasa.