Autogallery Rheinberg

TorakID- Jika anda bisa memiliki mobil ini dari baru, maka anda adalah Orang Kaya Lama/OKL. Daimler adalah nama untuk mobil mewahnya Jaguar sejak dibeli di tahun 1950. Daimler Inggris & Daimler Jerman (Mercedes) itu berbeda ya, jadi jangan disamakan.
.
Untuk Daimler ini joknya konon dilapisi kulit anak domba, bagian belakangnya ada meja kayu kecil, woodpanel yang dibubuhi krom, jok elektrik dengan pemanasnya, sunroof elektrik, odometer digital, yang ada di LCD panel kecil dibawah spidometer (format Mph) yang dilengkapi dengan VCM (Vehicle Check Module), fusebox letaknya di kotak penyimpanan diantara jok depan, tombol untuk membuka bagasi di penyimpanan dasbor depan & vanity mirror. Mesinnya 3.6L AJ6 Inline 6, 4-Speed Automatic.
.
Ada sebuah cerita menarik, dulu tahun 80an saat British Leyland masih ada & memiliki Jaguar, saat itu XJ sedang didesain, bos di British Leyland ingin XJ dimasukkan mesin V8 Rover, tentunya insinyur di Jaguar tidak setuju & menyiasati bagaimana mesin tersebut jangan sampai masuk, dengan mendesain ruang mesinnya terlalu kecil untuk memuat mesin konfigurasi V. Rencana berhasil, tetapi itu berarti Jaguar tidak bisa memuat mesin V mereka sendiri, yang awalnya menggunakan mesin inline 6, tetapi karena persaingan maka Jaguar dengan suatu cara berhasil memuat mesin V12 kesana.

Mobil ini nyaman, pake banget. Karena memang tujuannya sebagai mobil paling mewah & nyaman dari Jaguar. Untuk varian V12 di Daimler ini, dinamakan Double Six. Di generasi sebelum ini tipe tertingginya Daimler Van Den Plas & Daimler Double Van Den Plas. Dilengkapi dengan kursi belakang individual. Van Den Plas sendiri itu seperti karoseri yang membuat versi mewah mobil khusus dari British Leyland (mirip dengan Binz di Mercedes Benz). Makanya dulu ada juga Austin Van Den Plas.

Kenapa saya bilang yang bisa beli dari baru OKL? Karena unitnya diimpor langsung dari Inggris, mungkin ditangani Java Motors yang terkenal memegang merk Inggris seperti Land Rover, Rover, Austin, Triumph, MG & Leyland. Harganya pasti mahal dari baru, Jaguar aja sudah mahal apalagi Daimler. Kemungkinan unit ini masuk lewat kedutaan atau orang kaya pada saat itu.

Bagikan: