Kategori
Uncategorized

Mengenal Generasi Kedua Mercedes Viano W639: Pernah Jadi Armada Taksi Ternyaman

TorakID- Generasi kedua (W639) Vito/Viano pertama kali diperkenalkan tahun 2003. Nama Viano & Vito berubah nomenclature menjadi V-Class, sehingga tadinya emblemnya Viano/Vito menjadi misalnya V350 (3500cc M272 E35 V6) LWB yang disini menjadi armada taksi premium Tiara Express.

Apa perbedaan antara Viano & Vito? Gampangnya Viano itu versi mewah dari Vito yang merupakan mobil komersial. Untuk Viano suspensi belakangnya self leveling, bahan interior lebih berkualitas (meskipun Mercedes pada era ini terasa sekali penurunan kualitasnya) ada trim ambiante & fashion, arm rest lengkap, jok kulit, pintu geser elektrik, lampu sein yang diintegrasikan ke spion, dll. Sementara Vito versi downgradenya. Perbedaan terbesar antara keduanya adalah harga, Viano lebih mahal dari Vito.

Harga mobil ini pada tahun 2006 adalah 941.5 juta (off the road) untuk Viano versi 3.2, saya perkirakan harga on the roadnya bisa tembus 1 miliar lebih. Kalau kurang panjang ada versi LWB, masih kurang? Ada XLWB, Xtra Long Wheel Base. Panjangnya sampai 5 meter lebih!

Luas? Tentu saja, karena panjang & bentuknya mengotak. Nyaman? suspensi empuk, untuk Viano ada self leveling untuk suspensi belakang (suspensi hidrolik/udara), mobil bisa rata meskipun beban berat. Perawatan? Relatif mudah, tapi kalau ganti part & beli spareparts denger-denger sih agak mahal ya… harus menyiapkan uang ekstra.