Kategori
Otomotif

Mengenal Ford Model A: Penerus Model T Dengan Fitur Lebih Canggih

Cerbera 15

Ford Model A merupakan penerus dari seri Model T yang terkenal, kelahiran mobil ini sendiri karena banyaknya pabrikan yang menawarkan mesin lebih besar, kendaraan yang lebih nyaman serta desain yang lebih menarik dibanding Model T yang usang dan belum dilengkapi starter elektrik.

Mobil ini diluncurkan pada tahun 1928 dengan mengusung mesin 4 silinder 3.300 cc yang menghasilkan 40 hp dan mampu mengantarkan mobil ini menuju top speed 105 km/jam. Transmisinya menggunakan manual 3 percepatan unsynchronized dengan 1 gigi mundur plus rem tromol pada keempat roda.

Ford berusaha membuat Model A sedikit lebih nyaman dengan menempatkan 4 batang torsi secara menyilang pada chassis mobil. Teknologi unik lainnya adalah tuas pada sisi kanan setir untuk mengatur kerapatan pengapian (delco) sehingga pengemudi dapat mengatur langsam mobil tanpa harus berhenti dan membuka kap mesin.

Sistem mekanikal terasa pada penyaluran mesin, Model A tidak memiliki pompa bensin tetapi menggunakan gravitasi dengan cara meletakan tangki bensin lebih tinggi dari karburator. Untuk membuka suplai mesin terdapat sebuah keran di dalam mobil yang ketika dibuka maka mobil siap digunakan. Tentunya ketika selesai mengemudi jangan lupa menutup keran ini atau karburator mesin akan banjir.