Kategori
Otomotif

Mengenal Fiat 600 Multipla, Pencetus Angkot Di Indonesia

Petrolicious

TorakID- Agak unik melihat mobil yang awalnya banyak dijalan tapi kini tidak ada sama sekali. Salah satunya adalah Fiat 600 Multipla. Mobil yang mendapatkan gelar MPV pertama dan pernah meramaikan jalan di Indonesia. Percaya atau tidak wheelbase Multipla sama dengan 600 standar dan hanya lebih panjang 50 cm dari Mini. Namun mampu mengangkut 6 orang, hal ini dicapai dengan memajukan posisi mengemudi setelah roda depan yang aslinya merupakan posisi bagasi.

Mesinnya 4 silinder 633 cc yang dipadukan dengan transmisi manual 4 percepatan. Nah Multipla sempat ramai digunakan di Indonesia sebagai angkot. Jadi mobil ini didatangkan saat Asian Games 1962 sebagai sarana angkutan modern. Namun sayangnya masa kejayaan Multipla tidak lama karena spare part yang makin langka dan masuknya mobil2 luas seperti Mikrolet (Kijang karoseri angkot) membuat Fiat masuk ke tukang jagal. Tidak banyak yang tersisa apalagi utuh. Salah satu penerus Multipla adalah mobil ini. Namun kalau diperhatikan ujungnya tidak menurun layaknya Multipla biasa melainkan memiliki bentuk van mirip Dakota.

Rupanya mobil ini hasil garapan karoseri Coriasco dari Italia. Mereka spesialis membuat model seperti ini, blind van dan bahkan mobil jenazah! Mobil ini sendiri bukan bagian dari batch Asian Games namun menurut pemiliknya mobil ini masih lengkap dengan faktur yang menyebut harga mobil ini yaitu Rp 650 ribu di tahun 1959. Padahal mobil ini ditemukan kondisi bangkai, kini sudah jalan plus dicat dan partsnya dilengkapi. Totla restorasi mencapai 6 tahun namun pastinya semua setuju mobil ini terlihat sangat cantik dan unik kan.