MVT Photos

TorakID- Era 1990an merupakan era dimana mobil-mobil menggunakan gaya lampu pop up sebagai trend otomotif saat itu, Lampu yang bisa dinaik-turunkan membuat penggemar otomotif menganggap sebagai benda keemasan sekaligus sesuatu keindahan di eranya. Ferrari, Pabrikan asal Itaia ini menjawabnya dengan mobil 348.

Sayangnya, 348 gagal menjadikan mobil tersebut sebagai model termurah mereka karena mesin sekaligus desain tanggung langsung merombaknya untuk menjadi F355. Mobil bermesin 3.500 cc dengan konfigurasi silinder V8 dengan daya 375 dk dan torsi sebesar 363 Nm ini dibuat pada 1994 hingga 1999. Jumlahnya lebih dari 11 ribu unit menjadikannya sebagai model termurah paling laris di era 90an.

Yang menarik dari F355 miliknya adalah sistem transmisi electrohydraulic 6 percepatan ala mobil F1 yang menjadikan F355 sebagai mobil jalanan pertama yang menggunakan sistem transmisi yang pertama kali digunakan pada mobil F1 Ferrari tahun 1989.

Cara memindahkan giginya pu gampang, untuk transmisi normal tinggal menggeser tuas di belakang kemudi dan tidak perlu menekan kopling, begitu juga ketika masuk mode sport. Tinggal tekan tombol sport dan mobil langsung berubah. Suspensi mobil menjadi lebih keras cocok untuk jalanan sirkuit. Kalau ingin mengemudi santai tinggal tekan tombol auto. Sedangkan low grup dapat digunakan saat kondisi jalan basah dan mobil tetap stabil bahkan dijalan yang licin.

Pada 1997, Ferrari mengadopsi teknologi paddle shift gear, alias perseneling semi-otomatis yang diletakkan pada belakang lingkar kemudi F355. Fitur ini merupakan pengembangan dari teknologi yang digunakan pada mobil balap Formula 1, di mana Ferrari telah menang sebanyak 16 kali.

Teknologi paddle shif gear saat ini tak cuma monopoli Ferrari maupun mobil Formula 1. Sejak diterapkan di F355, banyak pabrikan lain yang mengikuti. Tercatat nama-nama seperti Aston Martin, Lamborghini, hingga McLaren menjadikan fitur ini sebagai standar pada produk mobil jalanannya. Bahkan, sejumlah merek mobil penumpang seperti Honda Accord, Toyota Camry, hingga Sport Utility Vehicle Mazda CX-5 terbaru juga memakai sistem ini.

Bagikan: