Dailyscrape

TorakID- Mungkin inilah Civic yang sering membuat pangling orang. Adalah Civic dengan kode bodi SH4 yang memiliki dua varian yakni LX dan Grand. Civic SH4 pertama kali diperkenalkan tahun 1988 (LX) oleh Imora Motor yang menjadi ATPM Honda pada saat itu. Pada tahun 1989/1990 diperkenalkan versi faceliftnya, Grand Civic & juga versi hatchbacknya Civic Nouva, berkode SH3 yang cukup underrated dibanding dengan Civic Estilo SR3. Untuk mesinnya sama, 1.5L D15 SOHC yang nantinya jadi mesin Honda City Type Z tapi versi DOHC VTEC. Sedangkan Untuk Nouva mesinnya 1.3L D13 SOHC.

Untuk harga barunya saat itu (1989) untuk Grand Civic sekitar 48 jutaan untuk versi manual (5-speed) & 50 jutaan untuk versi automatic (4-speed), dan seperti biasa versi hatchbacknya lebih murah, yaitu 40,5 juta. Jika mau pake warna metalik nambah 500rb, hehe.

Untuk perbedaan paling jelas ada di seinnya, dimana Civic LX kecil & berwarna oranye, sedangkan Grand Civic agak besar & bening. Juga di bagian bumper depan dimana Civic LX terkesan lebih mengotak seperti pendahulunya Civic Wonder SB4, sedangkan Grand Civic lebih membulat & lampu bagian belakang, dimana lampu Grand Civic terkesan lebih “ramai” daripada lampu Civic LX.

Untuk mobilnya sendiri mesinnya cukup reliable, kencang & irit (padahal karbu lho!) untuk ukuran mobil honda, tapi ada satu hal yang harus diperhatikan yaitu karat karena cukup rawan di mobil ini, juga untuk suspensinya yang double wishbone yang nyaman tapi jika rusak partsnya cukup mahal karena agak kompleks,

Bagikan: