Kategori
Otomotif

Mengenal Chevrolet Bel Air, Mobil Yang Hadir Di Saat Yang Salah

Lacey Motorart

TorakID- Bel Air adalah jenis/tipe dari fullsized car dari Chevrolet. Jadi Chevy itu punya tingkatan jenis mobil dari yg paling murah sampe yg paling lux yaitu ada Biscayne, Delray, Bel Air, Impala & Caprice, nah Biscayne ini adalah versi yang paling murah, sementara Caprice paling mahal. Untuk Bel Air ada di tengah-tengah.

Untuk di Indonesia sendiri mobil ini dijual di tengah-tengah krisis keuangan, jangankan mau beli mobil, beli kebutuhan sehari-hari atau sembako saja susah pada saat itu. Jadi, hanya orang kaya saja yang bisa membeli mobil pada era tersebut (50an-60an). Belum lagi dulu banyak gerakan separatis & pemberontakan yang mengancam Ideologi Pancasila pada saat itu.

Disini ada versi RHD & LHD, versi RHDnya lebih langka daripada LHDnya. Versi RHDnya dibuat di pabrik Chevrolet di Oshawa, Ontario, Kanada & dijual ke Indonesia secara CBU. Versi mesin yang paling banyak disini adalah Inline 6 (Thriftmaster & Blueflame) walaupun versi V8 (Small Block) nya juga ada. Untuk bentuk bodinya yang rata-rata ada disini adalah sedan 4 pintu.

Sekarang mobil ini sudah sulit untuk ditemukan, salah satu faktornya karena saat itu mobil ini hanya bisa dibeli orang kaya saja & pada tahun 90an-2000an banyak mobil Amerika yang dijual ke tukang jagal besi untuk dipotong-potong karena dulu harganya sangat murah, jadi mending dijual sebagai besi tua saja sekalian karena mungkin lebih menguntungkan.