Kategori
Otomotif

Mengenal BMW M4, BMW M Terlaku Di Indonesia

TorakID- BMW M4 (F82), dijual oleh APM nya PT BMW Group Indonesia hanya dalam bentuk coupe 2 pintu saja (2017 harganya 1,9 Miliar off the road). Ini adalah versi M dari BMW 4-Series, yang merupakan versi coupe dari 3-Series yang serinya dibuat terpisah. Warna interior & exterior bisa direquest pelanggan, namanya jadi M4 Individual Series. Di mobil ini interior, mesin, atap ada carbon fibre. Mengalami LCI (Life Cycle Impulse) yang mirip dengan facelift namun bedanya BMW menyempurnakan model sebelum LCI, bisa dengan mesin baru, tenaganya nambah, pilihan fitur baru, warna exterior & interior baru, dll yang diperkenalkan pada GIIAS 2017.

Sedangkan versi M4 ini adalah BMW 4-Series yang dituning oleh divisi BMW M yang awalnya hanya mempersiapkan mobil untuk turun di arena balap. Seiring berjalannya waktu, divisi M mulai memodifikasi mobil-mobil BMW yang sudah dipasarkan sebelumnya. Biasanya mesin, transmisi, suspensi, interior, dan eksteriornya sudah dimodifikasi, sehingga lebih mewah & lebih kencang. Meskipun ditawarkan seharga Rp 2 milyaran saat itu, M4 ludes di kalangan pecinta otomotif yang suka ngebut di sirkuit dengan compact sportcar. M4 Sendiri dikatakan lebih laku bila dibandingkan M3 lama dengan kode E90 karena memiliki mesin lebih kecil dan hemat bahan bakar.

Ada berbagai varian yang ditawarkan seperti M4 GTS, versi buasnya mobil ini yang mengoptimalkan weight reduction/reduksi berat bobot mobil & kental akan nuansa resing. Peforma & handlingnya sangat bagus. Pertama kali diperkenalkan di GIIAS 2016, harganya 3,899 Miliar (off the road), hanya dimasukkan 3 unit saja. Harganya bahkan lebih mahal dari i8 yang “hanya” 3,499 miliar. Mobil ini hanya diproduksi 700 unit saja di dunia.
.
Ada juga M4 Competition Package seharga 2.349 miliar (off the road) yang diluncurkan sekitar bulan November 2019, kuotanya hanya ada 2 unit & itupun ludes. Yang berminat harus menunggu 7 bulan kedepan. Bedanya dengan M4 biasa adalah baik pada exterior dan interior, velgnya diambil dari M4 GTS. Tenaganya dirombak, suspensinya juga yang telah disempurnakan dari handling & peforma, serta berbagai mode pengemudi yang ditawarkan tersedia pada fitur Driving Experience Control. Ditawarkan dengan pilihan warna “Frozen”. Ciri khasnya Competition Package adalah grille, emblem M4 dibelakang jadi black glossy.
.
Selain itu ada versi convertiblenya (F83), yang dijual 1 unit saja oleh Prestige Image Motorcars (IU/Importir Umum). Atapnya terbuka secara elektris dan bisa dioperasikan saat berjalan asalkan kecepatan maksimalnya 15 km/jam. Dijual seharga 2.9 Miliar (Off The Road). Sepertinya ini termasuk competition package karena cirinya sama.
.
Dan yang spesial ada varian MOCI, varian yang spesial untuk Indonesia yang hanya ada 12 unit saja di dunia, ada ukiran carbon fibre bertuliskan “M Owners Club Indonesia – One of 12” di dashboard yang diserahkan BMW Group Indonesia yang seremonialnya diadakan pada 29 April 2015. Ini adalah kreasi pertama yang dilakukan BGI, dealer resmi BMW Eurokars, dan MOCI. Harganya pasti lebih mahal dari varian standar dengan berbagai pilihan dari pemesan/individual.
.