Sismacomp Surabaya

TorakID- Selain Toyota Corolla Twincam, Honda Grand Civic dan Mitsubishi Dangan, ada satu lagi sedan menengah Jepang yang tidak kalah terkenal di awal ’90an yaitu Mazda 626 Capella. Pertama kali dihadirkan di tanah air pada tahun 1988 menggantikan versi 626 seri GC, Capella tercatat memiliki fitur canggih dan desain yang unik.

Keunggulan mobil ini adalah fiturnya yang canggih bahkan hingga sekarang. Suspensi mobil bisa diatur kekerasannya melalui tombol di mobil, AC mobil memiliki sistem penggerak blower sehingga dinginnya merata di seluruh kabin dan cluster speedometernya sudah mengadopsi sistem elektronik.

Menariknya mesin mobil yang digunakan masih cukup konvensional yaitu 4 silinder 2.000 cc karburator yang mampu menghasilkan tenaga 107 hp. Meski begitu, mesin mobil ini dikenal cukup agresif dan memiliki akselerasi yang bagus.

Suspensi terasa empuk bahkan pada mode normal, bagi yang ingin lebih empuk terdapat mode soft dan bagi yang ingin bermanuver terdapat mode sport. Masuk ke dalam, pengemudi akan disambut jok semi bucket bahan yang cukup nyaman.

Jok belakang cukup luas dengan ruang kepala yang cukup. Saat dipasarkan, mobil ini tersedia dalam varian sedan 4 pintu biasa dan sedan hatchback 5 pintu. Jok belakang bisa dilipat sehingga memudahkan untuk membawa barang besar.

Sayangnya Mazda 626 Capella kurang sukses, perlu dicatat seri 626 sebelumnya juga mengalami nasib yang sama. Padahal di luar negeri model ini cukup laris dan sempat meraih beberapa penghargaan. Dari jumlah yang sedikit itu, tidak sedikit yang berakhir ditelantarkan, lantaran banyak orang Indonesia yang takut akan mekanisme elektronik mobil yang jauh lebih canggih dari rival-rivalnya. Sedikitnya ditemukan beberapa unit 626 Capella yang masih terawat karena dimiliki oleh orang yang nostalgia masa mudanya ketika menggunakan Capella ini.

Bagikan: