Kategori
Otomotif

Mclaren Gunakan Mesin Mercedes Pada MCL35M

Mclaren

TorakID- Mclaren memang menjadi tim pertama di balapan F1 yang meluncurkan mobilnya musim 2021. Akibat penundaan penggunaan regulasi baru karena pandemi membuat model mobil balap musim 2020 masih tetap digunakan. Mclaren melakukan hal yang berbeda pada mobil MCL35 dengan mengganti mesinnya. Mobil yang dikemudikan Carlos Sainz dan Lando Norris mampu berada di posisi ketiga klasemen balap musim lalu. Dengan hasil terbaik dibawa Norris melalui podium ketiga di balapan pertama GP Austria menjadikan MCL35 sebagai penantang Racing Point dan Renault untuk perebutan posisi ketiga dan tim berwarna oranye-biru ini berhasil melakukannya dengan raihan 202 poin. Sementara Carlos Sainz berhasil meraih posisi keenam untuk kedua kalinya sejak 2019 dan mengakhiri karier dengan 105 poin sebelum pindah ke Ferrari. Sementara, Norris hanya mampu berada di posisi kesembilan dengan 97 poin saja.

Hadirnya Daniel Ricciardo yang pernah menggeber Toro Rosso (Alpha Tauri), Red Bull dan Renault memberikan sinyalemen positif kalau pebalap yang meraih posisi kelima pada musim lalu ini akan tampil lebih
baik dengan Mclaren bersama Norris. Pebalap Australia yang berhasil meraih posisi ketiga di 2014 dan 2016 ini siap bersemangat dan akan memberikan segalanya bagi tim asal Inggris itu.

Sementara, Mclaren resmi meluncurkan versi modifikasi dari MCL35 dengan nama MCL35M. Memang hampir tidak ada perubahan di struktur mobil kecuali bagian airbox pada rool hoop untuk mendinginkan mesin dimana desainnya direvisi akibat penggunaan mesin Mercedes. Ya, mulai tahun ini Renault tidak menyuplai mesin untuk Mclaren melainkan Mercedes dimana terakhir kali digunakan pada 2014 silam. Meski pada tahun 2014 bersama Jenson Button dan Kevin Magnussen menjadi keruntuhan akibat mereka hanya mengumpulkan 181 poin dan meraih posisi kelima di tahun awal penggunaan mesin V6 Turbo.

Pada bagian lantai mobil dibuat diagonal menjorok kedalam tanpa piranti aerodinamika dan pada bagian sidepod sekaligus penutup mesin dibuat seramping mungkin akibat mesin Mercedes memiliki kompresor turbo di bagian depan yang terhubung dengan turbin di belakang. Mobil MCL35M bisa dibilang mempunyai struktur mesin yang ditaruh lebih belakang demi meningkatkan daya cengkram mobil. Selain itu pula desain girboks direvisi demi meningkatkan kinerja transmisi Mercedes. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Mclaren resmi menggelar sesi pembuatan film dimana mobil dijalankan secara terbatas demi memperkenalkan MCL35 kepada publik sekaligus menunjukkan bahwa mesin Mercedes cocok di pakai oleh mereka.

Bagian diffuser kemungkinan akan dimodifikasi karena bagian ini tergolong vital. Bagian ini akan memaksimalkan aliran angin untuk menciptakan gaya tekan kebawah lebih baik dari versi awal. Bagian endplate pada sayap belakang dirubah desainnya yang tadinya vertikal menjadi horizontal melengkung kebawah. Dengan semua hal ini semoga saja Mclaren bisa meraih juara dunia konstruktor meski bukan merupakan tim pabrikan seperti di era 1990an akhir dan era 2000an.