Kategori
Otomotif

Legenda: Mercedes CLR, Pengubah Sejarah Keselamatan Membalap Di Le Mans

TorakID- Mercedes-Benz CLR adalah salah satu jenis mobil yang dikeluarkan oleh perusahaan mobil Jerman, Mercedes-Benz. Mobil ini merupakan mobil balap yang diproduksi khusus untuk balapan Le Mans 24 Jam tahun 1999. Mobil ini terkenal karena kegagalannya berfungsi, 2 mobil mengalami kecelakaan pada sesi latihan dan 1 mobil pada sesi balapan, menyebabkan Mercedes-Benz mundur dari balapan Le Mans sejak 1999 dan regulasi Le Mans diubah untuk mencegah kecelakaan serupa. Kegagalan mobil-mobil CLR di Le Mans menjadi legenda Le Mans dan dunia balap mobil pada umumnya.

Terakhir kali Mercedes memenangkan balap Le Mans adalah musim balap 1989. CLR adalah seri ketiga dari mobil balap yang dikembangkan Mercedes-Benz setelah mobil-mobil CLK GTR dan CLK LM yang berlomba pada tahun 1997-98. CLR dirancang untuk diikutsertakan pada kejuaraan Le Mans 1999.

Mercedes-Benz mengirimkakn 3 mobil CLR untuk diperlombakan di sirkuit Le Mans. Pada sesi kualifikasi mobil yang dikendarai pembalap Australia Mark Webber terbang dan menabrak, sehingga harus dirakit ulang. Webber kembali mengemudikan CLR pada sesi latihan terakhir pagi hari sebelum lomba dimulai, tetapi pada lap pertama, mobil tersebut terbang lagi dan mendarat pada kapnya. Mercedes menarik mobil yang rusak, namun tetap mengikuti lomba dengan mobil CLR yang lain. Mobil yang diikutkan buru-buru dimodifikasi dan pengemudinya diberi instruksi supaya tidak mengendarai mobil terlalu dekat dengan peserta lain.

Empat jam setelah lomba dimulai, pengemudi Peter Dumbreck dari Skotlandia mengalami kecelakaan ketika CLR yang dikendarainya mengalami masalah ketidakstabilan yang sama dan melayang, berputar-putar beberapa kali, melewati pembatas sirkuit dan mendarat di antara pepohonan. Kecelakaan ini menyebabkan Mercedes langsung menarik mobilnya dari perlombaan, membatalkan seluruh program yang berhubungan dengan CLR, dan setelah itu tidak pernah mengikuti balap mobil lagi.

Meskipun begitu dua pebalap yang berlaga bersama CLR yakni Nick Heidfeld dan Mark Webber menjadi pebalap F1 berprestasi. Heidfeld menjadi pebalap F1 untuk 5 tim berbeda mulai 2001- 2011 dan Webber menjadi pebalap F1 dari 2001 sampai 2013. Webber menjadi alumnus pebalap Mercedes CLR Terbaik yang duduk di kursi F1 akibat berada satu tim dengan juara dunia Sebastian Vettel di Red Bull selama 2009-2013 dengan mencetak 9 kemenangan dan meraih 1.057,5 poin selama berkarier di ajang jet darat.