Istimewa

TorakID- KTM identik dengan sepeda motor namun pada tahun 2008 KTM mencoba masuk ke pasar roda 4 dengan mengeluarkan model minimalis X-Bow (dibaca Crossbow yang artinya busur panah). Karena pengalaman KTM di roda 4 tidak banyak maka KTM bekerja sama dengan produsen mobil balap asal Italia Dallara, untuk desain diserahkan ke Kiska Design sedangkan untuk mesin bekerjasama dengan Audi.

Rupanya KTM tidak malu mengakui inspirasi X-Bow dari Lotus Seven yang sudah berusia setengah abad. Oleh karena itu X-Bow menawarkan sensasi mengemudi yang murni tanpa bantuan mekanis. Desainnya sendiri seperti seperti setengah mobil karena tanapa atap dan pintu seperti mobil khusus track day seperti Ariel Atom dan Caterham Seven. Bahkan chassis monokok carbon fibrenya hanya memiliki berat 80 kg.
.

Mesin yang dipakai adalah Audi 4 silinder 2.000 cc turbo yang menghasilkan 237 hp dan torsi sebesar 310 Nm. Hasilnya 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam 3,9 detik menuju top speed 217 km/jam. Dengan tenaga yang besar dan body ringan kurang 800 kg menghasilkan mobil yang lincah dipadu dengan suspensi pushrod gaya F1 dan aerodinamika yang mendorong udara ke jalan sehingga menempel membuat X-Bow sangat bagus di tikungan. Yang menarik dari X-Bow adalah mobil ini tidak dilengkapi dengan ABS, ESP atau Traction Control sehingga pengemudi bisa merasakan mobil secara langsung.
.

Pada tahun 2011 dilakukan update dengan mesin Audi 5 silinder 2.500 cc turbo yang menghasilkan 300 hp. Bagi yang ingin mengikuti balap ada varian X-Bow RR khusus sirkuit dan mengikuti seri balap OMR. Rupanya beberapa konsumen menganggap X-Bow kurang nyaman dipakai harian. Menanggapi hal itu KTM mengeluarkan X-Bow GT dengan kaca depan dan samping, interior yang lebih luas serta fitur seperti wiper. Varian terakhir dari X-Bow adalah mobil balap GT4 dengan atap keras yang dapat dibuka tutup layaknya kanopi. Varian ini sudah mencatatkan kemenangan di berbagai kejuaraan dunia.
.


.