Kategori
Otomotif

Isuzu Hadir Membawa Model-Model Inovatif Dan Peningkatan Aftersales Di GIIAS 2022

IAMI

TorakID– PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) kembali ikut serta dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, yang dihelat di ICE, BSD, Tangerang pada 11-21 Agustus 2022. Selama pameran berlangsung, Isuzu fokus dengan inovasi produk dan layanan penjualan serta purna jual.

Bertempat di Hall 7C ICE, BSD, Isuzu membawa sejumlah model yang dipasarkan dan menjadi andalan di Indonesia, yaitu Isuzu Giga FVR S Wing Box, Isuzu Elf NPS 4×4 Manhaul, Isuzu Elf NLR B Campervan, All New Isuzu Mu-X, All New Isuzu D-Max, dan Isuzu Traga Aplikasi Bengkel Isuzu Berjalan. Bahkan, kendaraan elektrik, Isuzu Elf Electric Vehichle (EV), untuk pertama kalinya dipamerkan kepada masyarakat Indonesia.

Pembukaan Booth Isuzu GIIAS 2022 pada 11 Agustus 2022 kali ini dihadiri oleh jajaran Direksi Isuzu Motors Limited, jajaran Direksi PT Astra International Tbk, dan jajaran Direksi serta manajemen PT Isuzu Astra Motor Indonesia selaku agen tunggal pemenang merk Isuzu di Indonesia. Regional Office Executive Isuzu Motor Limited, Koji Nakamura dalam sambutannya menyampaikan bahwa Isuzu telah menjadi market leader di 45 negara pada tahun 2021 dan Indonesia menjadi salah satu pasar yang vital bagi pertumbuhan bisnis Isuzu secara global.

Gidion Hasan selaku Direktur PT Astra International Tbk, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Isuzu siap menjawab tantangan dari pemerintah Indonesia yang memberi tajuk “Future is Bright” pada GIIAS 2022 ini.  “terdapat dua faktor yang menjadi penting, yaitu terkait dengan regulasi EURO4 dan pengenalan EV ke masyarakat Indonesia. Isuzu, bersama dengan Astra, siap untuk menyongsong regulasi EURO4. Bahkan sebenarnya, Isuzu sudah siap sejak tahun 2011, tepatnya ketika diluncurkannya truk Giga yang menggunakan mesin common rail.” “Pada GIIAS kali ini, kami berkolaborasi dengan Isuzu Jepang, dan membawa Isuzu Elf EV sebagai salah satu display unit yang ada di booth Isuzu, diluar dari produk-produk lain yang mampu menjadi pilihan Isuzu Partner dalam menjalankan bisnis sehari-hari”

Ernando Demily selaku President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia melanjutkan, penjualan dan layanan purna jual memiliki tingkat kepentingan yang sama. Oleh karenanya, sales dan aftersales dipastikan keduanya bekerja sama dan bersinergi untuk dapat memerikan solusi yang komprehensif dan optimal kepada customer. Untuk mendukung efektivitas dan efisiensi pelayanan, Isuzu telah meningkatkan layanan after sales service mulai dari digitalisasi ekosistem layanan melalui Launching Aplikasi Isuzu ID, hingga pembukaan Part Depo untuk semakin meningkatkan layanan terhadap kebutuhan spare part para customer di seluruh Indonesia.

“Kami memahami behavior dan kebutuhan customer kami yang membutuhkan layanan prima sehingga kami menyediakan network serta pelayanan yang tepat sasaran. Oleh karenanya, kami juga meluncurkan aplikasi Isuzu ID dan Part Depo untuk memberikan bukti komitmen kami terhadap pelayanan purna jual bagi customer” ujar Ernando.

Bukan hanya itu, Ernando juga menekankan bahwa Isuzu selalu siap bekerja sama dengan pemerintah dalam berpartisipasi dan mendukung implementasi regulasi keselamatan kendaraan komersial. “Kami juga senantiasa mendukung setiap kebijakan yang ada. Terbukti, dalam unit produk Isuzu telah tersedia perlengkapan keselamatan kendaraan yang memenuhi Peraturan Menteri nomor 74 tahun 2021.”

IAMI

Di lain hal, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh customer di mana pun berada. Layanan peningkatan aftersales service juga diwujudkan melalui pengembangan jaringan part shop di seluruh Indonesia.

Ketersediaan part shop juga merupakan komitmen Isuzu agar customer dapat dengan mudah mendapatkan suku cadang. Sekarang ini, Isuzu memiliki lebih dari 1.500 part shop, di mana 71 persen merupakan part shop untuk commercial vehicle (CV).

Budhi Prasetyo, Aftersales Business, Inventory & Logistic PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengatakan, merupakan sebuah kebanggaan bahwa penjualan unit produk Isuzu hingga tahun 2021 mengalami peningkatan sebesar 19,9% dengan total populasi sebesar 15%. Hal ini menjadi bukti bahwa Isuzu mampu menjadi partner pilihan para customer menjawab tantangan bisnis yang dihadapi.

Sejalan dengan meningkatnya angka penjualan unit kendaraan, permintaan akan spare part juga ikut meningkat. Tercatat sebesar 14,3% peningkatan penjualan spare part Isuzu sepanjang tahun 2021 hingga 2022.

Maka dari itu, pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Isuzu memberikan apresiasi kepada mitra yang telah bekerja sama mengembangkan jaringan Part Shop di seluruh Indonesia.

“Part shop ,dalam hal ini, adalah wujud nyata kami untuk terus memberikan peningkatan layanan purna jual yang mampu menjawab kebutuhan costumer. Kami sadar, kami tidak dapat melakukan semua ini sendiri. Sinergi dan kerja keras yang dibangun bersama mitra Isuzu merupakan kunci utama dalam operasional Part Shop,” ujar Budhi di booth Isuzu, GIIAS 2022, di ICE, BSD City, Tangerang, Jumat (12/8/2022).

Selain sebagai pemenuhan kebutuhan dari para customer Isuzu, Part Shop juga merupakan sebuah usaha yang memiliki peluang besar bagi siapapun yang ingin membangun perjalanan suksesnya bersama Isuzu.

“Apresiasi kami berikan kepada seluruh mitra Isuzu yang telah bersinergi dengan kami untuk membangun jaringan Part Shop ini. Mari kita buat perjalanan ke depan menjadi lebih baik,” tutur Budhi.

Sementara itu, Joni, perwakilan Part Shop Utama Jaya Partindo mengatakan bahwa produk Isuzu terdiri dari banyak varian sehingga sparepart yang disediakan juga harus beragam dan tersedia, karena produk Isuzu mayoritas adalah kendaraan operasional bisnis, maka ketersediaan part menjadi concern utama.

“Kami harus mensuply tepat waktu dan juga dipercaya pelanggan. Dan hal ini juga didukung oleh Isuzu Indonesia sebagai APM dan Astra Isuzu,” tutur Joni.

Menurutnya, sparepart Isuzu juga teruji kehandalannya, untuk perawatan prima biasanya customer mencari untuk perawatan partnya. Sudah sejak type Isuzu Panther serta produk-produk Isuzu GIGA, ELF dan Traga serta apalagi produk Isuzu sangat banyak pilihan sparepartnya, jadi animo atau demand customer Isuzu juga banyak dan ketersediaan mudah didapatkan.