IIMS 2023 Sukses Raup Rp 5,3 Trilyun Selama 11 Hari Penyelenggaraan

TorakID – Indonesia International Motor Show (IIMS) merupakan pameran pembuka yang diselenggarakan oleh Dyandra Promosindo, pada 16-26 Februari 2023. IIMS kembali menjadi pameran terbesar pertama yang diselenggarakan setelah pemerintah mencabut pembatasan kegiatan masyarakat, sejak mewabahnya pandemi covid-19.


Hal tersebut tampak dari antusiasme dari para peserta pameran, memenuhi keseluruhan area JIExpo Kemayoran. Dengan total 171 peserta pameran, 45 diantaranya adalah brand kendaraan seperti: Astra Daihatsu, BMW, Chery, DFSK, Esemka, Honda, Hyundai, Jeep, Mitsubishi, Morris Garage (MG), Prestige, Subaru, Suzuki, Toyota dan Wuling hingga Indomobil Group yang menghadirkan lima brand yaitu Audi, Citroen, KIA, Nissan, Volkswagen (VW).

Sedangkan untuk kendaraan roda dua diwakili brand ternama seperti Astra Honda Motor, Benelli – Keeway, KTM & Husqvarna, Italjet, Kawasaki, Moto Bologna Passione (MBP), Royal Alloy, Royal Enfield, Yamaha. Brand kendaraan listrik roda dua antara lain Alva, Davigo, Energica, Gelis, Gesits, Ion Mobility, Niu, Ofero, Polytron, Rakata, Selis, Smartby, United dan Yadea Serta Perhimpunan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI) dan puluhan brand aftermarket hingga belasan merek peserta dari industri wisata bahari.

Secara resmi, IIMS 2023 menutup pencatatan hasil transaksi yang terjadi selama 11 hari penyelenggaraan. Dengan total 13.965 unit kendaraan yang terjual di IIMS 2023, melampaui target transaksi hingga 5,3 Triliun Rupiah. Tercatat hingga waktu penutupan, IIMS 2023 dihadiri oleh 468.720 pengunjung. Capaian tersebut tak lepas dari upaya positif seluruh stakeholder IIMS, agar seluruh ekosistem dalam dunia otomotif dapat membangun kolaborasi dan sinergi untuk menciptakan peluang yang lebih besar di industri ini.


Project Director IIMS 2023, Daswar Marpaung berterima kasih atas dukungan seluruh pihak yang terlibat dalam kesuksesan penyelenggaraan IIMS 2023, mulai dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, seluruh jajaran pemerintah Republik Indonesia yang diwakili berbagai Kementerian dengan berbagai insentif yang diberikan untuk menstimulasi industri otomotif tanah air khususnya kendaraan listrik. Berbagai dukungan tersebut, secara tidak langsung membuat penyelenggaraan IIMS 2023 yang menjadi salah satu barometer dan titik temu pelaku industri otomotif tanah air dapat meraih target yang diharapkan.

“Kami fokus ke penyelenggaraan IIMS 2023, secara kualitatif dapat kami sampaikan bahwa kami melihat secara tampilan wajah seluruh APM (roda dua roda empat) semua happy. Secara keseluruhan dapat dikatakan optimisme ekonomi secara makro di tahun 2023 ini sudah mulai terlihat dan sangat bagus. Sehingga tujuan kami sebagai penyelenggara di sektor otomotif, sudah berhasil menangkap sinyal optimis pada tahun 2023 kita bisa mencapai pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan.” pungkas Daswar Marpaung.


Ia juga menambahkan bahwa dukungan dan perhatian yang diterima oleh IIMS 2023 dari Presiden RI Joko Widodo sangat banyak, terbukti dari presensi Presiden RI yang berkesempatan membuka dan meresmikan gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 serta tahun-tahun sebelumnya. Sehingga menurut Project Director IIMS 2023, bukan saat yang tepat untuk seluruh pegiat industri ini untuk terus pesimis, melainkan harus optimis menghadapi geliat industri otomotif tanah air pada tahun 2023 yang semakin menunjukkan tren positif.