Kategori
Otomotif

Hyundai Sukses Tuntaskan IONIQ 5 ASEAN Tour, Irit Banget!

Hyundai menyelesaikan perjalanan seru selama 11 hari melintasi lima negara Asia dalam rangka IONIQ 5 ASEAN Tour dengan tema ‘Go Far with Zero Worries’.

Tur ini sukses mencapai tujuan terakhirnya di Ho Chi Minh City, Vietnam, pada 30 November 2023, setelah menjelajahi Singapura, Malaysia, Thailand, dan Kamboja.

Menjadikan tur ini sebagai perjalanan EV paling ekstensif melintasi negara di Asia Tenggara dengan total jarak tempuh 3.197 KM, melebihi perhitungan awal sebanyak 446 KM.

Tur ini adalah uji coba dinamis yang memperlihatkan keandalan, ramah lingkungan, dan kemampuan jarak jauh IONIQ 5, terutama di pasar Asia Tenggara yang masih meragukan kendaraan listrik.

Keuntungan tambahan dari tur ini adalah efisiensi biaya yang luar biasa, dengan biaya total hanya US$116 per mobil atau cekitar Rp1,8 juta untuk seluruh perjalanan, dua kali lebih hemat dibandingkan dengan kendaraan bermesin pembakaran internal (ICE).

“Hyundai terus berkomitmen pada inovasi dan membentuk masa depan mobilitas, dan ini tercermin dalam setiap langkah yang kami ambil,” kata Youngtack Lee, Presiden Hyundai Motor ASEAN HQ. “Kami berkomitmen membuat kendaraan listrik lebih mudah diakses sebagai solusi mobilitas bersih, dan keberhasilan IONIQ 5 ASEAN Tour mendorong kami untuk terus meningkatkan inovasi dan memperkuat infrastruktur kendaraan listrik di seluruh wilayah.”

Tur ini melibatkan lima kendaraan, dua diproduksi di Indonesia dan tiga di Singapura, serta kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Automobile Association of Singapore (AAS), Hyundai Motor Company, komunitas lokal, dan Key Opinion Leader (KOL) dari Indonesia dan Thailand.

Tur dimulai di Singapura dan melibatkan konvoi dengan media, menampilkan IONIQ 5 dan IONIQ 6.

Di Bangkok, teknologi Vehicle to Load (V2L) dari IONIQ 5 membuktikan keberagaman penggunaan EV dengan menyediakan listrik untuk penerangan luar ruangan, pertunjukan musik, bioskop mini, dan pengalaman kuliner.

Seorang influencer Thailand, Nithi Thuamprathom, menyampaikan kegembiraannya dan menyatakan bahwa tur ini telah menghilangkan kekhawatirannya terhadap kemampuan EV.

Di Kamboja, Fitra Eri, seorang influencer Indonesia dan pakar otomotif, memberikan pandangannya tentang potensi besar kendaraan listrik dalam membentuk masa depan transportasi.

Perjalanan berakhir di Ho Chi Minh, Vietnam, dengan konvoi media yang seru.

Fitra Eri menyatakan kepuasannya dengan Hyundai IONIQ 5, membuktikan kemampuan jarak tempuh yang mengesankan bahkan di rute yang menantang.

Keberhasilan tur ini menegaskan peran vital kendaraan listrik dalam masa depan transportasi di wilayah ASEAN yang siap untuk elektrifikasi.