Ford

TorakID- Salah satu karya besar Caroll Shelby apart from Mustang, GT40 atau Viper adalah Shelby Mustang. Jadi saat itu Ford ingin mempromosikan Mustang di dunia balap dan akhirnya bekerja sama dengan Shelby untuk melahirkan Mustang.

Memang kalau memikirkan muscle car yang terlintas adalah drag race tapi Shelby Mustang awalnya dibuat untuk balap sirkuit SCCA. Terutama tahun 65 dan 66. Masuk tahun 67 Mustang mengalami redesign dan mendapatkan body lebih besar serta ruang mesin yang mampu menampung mesin V8 big block.

Ada 2 model yang ditawarkan. GT350 dengan mesin 289 cu / 4.700 cc dan top of the line GT500 dengan mesin V8 427 cu / 7.000 cc. Secara tampilan terdapat 2 lampu jarak jauh di gril bergaya mesh serta lampu belakang unik yang diambil dari Mercury Cougar plus rear spoiler. Oh iya side scoop yang ada di Shelby itu fungsional untuk mengalirkan udara segar ke bagian rem.

Mesin big block milik GT500 mampu menghasilkan 355 hp dan torsi sebesar 569 Nm. Dan 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam 6,1 detik. Hampir 1 detik lebih cepat dari GT350. Mustang ini juga menjadi awal keterlibataan Ford dalam mendesain Shelby. Jadi awalnya Mustang kosong dikirim ke markas Shelby di LA. Namun karena beberapa kali keterlambatan dan masalah quality control. Maka Ford menunjuk tim untuk mengembangkan dan menjamin kualitas Mustang. Pada akhirnya Ford akan mengambil alih produksi dan pengembangan Shelby Mustang sehingga hanya tersisa namanya saja.

Bagikan: