Kategori
Otomotif

Chevrolet LUV: Mobil Tangguh Berbasis Sedan

Istimewa

TorakID- Chevrolet LUV adalah sebuah mobil pickup yang mulai diperkenalkan pada tahun 1972.

Mobil ini bukan asli pengembangan Chevy, melainkan berbasis Isuzu Faster. Pada akhir 60an pemerintah Jepang mengadakan perampingan merek mobil dan pabrikan mobil diharapkan melakukan merger atau bekerja sama dengan perusahaan lain. Isuzu memilih pilihan kedua dan pada tahun 1971 GM menanamkan saham 34% di Isuzu. Isuzu kemudian mengubah salah satu mobil sedannya (Isuzu Florian) yang didesain oleh Giorgetto Giugiaro menjadi sebuah pickup. Mobil ini dijual kebeberapa negara dengan nama Holden dan BedFord KB, Isuzu Faster dan Chevrolet LUV. LUV sendiri merupakan singkatan dari Light Utility Vehicle.

Hasilnya adalah GM menggunakan produk Isuzu dan lahirlah LUV sebagai produk pertama. Kepanjangan mobil ini adalah Light Utility Vehicle dan saat itu mobil ini hadir untuk melawan Datsun 620 atau Toyota Hilux. Di Indonesia kendaraan ini pertama kali dirakit oleh PT Garmak Motor dan dijual sebagai Chevrolet, sepertinya untuk meneruskan nama Chevrolet pickup yang ramai digunakan baik untuk angkutan maupun oplet.

Ada jamannya mobil ini pun menjadi favorit karoseri, selain model pickup dari pabrikan banyak karya karoseri lainnya seperti mobil box, double cabin, station wagon dan bahkan sedan. Bentuk LUV sendiri saya akui terlihat manis dengan lampu model quad. Kala itu ada 2 varian mesin yaitu bensin 1.600 cc dan Diesel 1.900 cc yang populer. Dan ada varian yang cukup langka yaitu 4×4 untuk medan offroad. Mobil ini sendiri termasuk badak mengangkut barang dan mengarungi jalan jelek dan terjal.

Untuk fiturnya masih sama seperti pickup jadul pada umumnya yang masih serba manual dan sederhana. Satu-satunya yang mampu dibanggakan mungkin hanya peletakan tongkat persneling yang berada di kolom setir sehingga kabinnya mampu memuat 3 orang penumpang tanpa harus membuat penumpang tengahnya merasa kesulitan.

Sekarang, kebanyakan Chevrolet LUV yang bertahan adalah varian diesel karena karakter mesin diesel yang torsinya sudah muncul dari putaran bawah. Berbeda dengan mesin bensin yang torsinya baru muncul saat putaran mesin menengah. Chevrolet LUV ini terkenal sebagai kendaraan beban karena mesinnya yang kuat (diesel) dan didukung sasis dan bodi yang tebal sehingga mampu dimuati beban berlebih. Tidak heran masih banyak LUV yang survive dan masih digunakan untuk keperluan niaga. Untuk harga jualnya sendiri berkisar antara 10 juta hingga 30 juta tergantung kondisi.