Asian Le Mans

TorakID- Pandemi Corona banyak mengubah susunan jadwal balapan selama 2020 sampai awal tahun ini. Salah satunya balapan Asian Le Mans yang biasanya digelar akhir tahun 2020- awal 2021 hanya digelar bulan Februari 2021. Digelar dengan tanpa penonton dan hanya negara Uni Emirat Arab saja sebagai negara teraman untuk melangsungkan balap 4 jam.

Menggunakan format balap ketahanan 4 jam, balapan digelar dua kali pada 13-14 Februari di Dubai Autodrome dan 19-20 februari di Yas Marina.
Meskipun digelar di Uni Emirat Arab, rekor peserta tim membengkak bila dibandingkan musim balap Asian Le Mans biasanya (tahun lalu diikuti 28 peserta). Dengan 36 peserta menjadikannya musim balap ter-ramai dalam sejarah perhelatan balapan ketahanan se-Asia ini.

Pada balapan pertama di Dubai Autodrome, tim G Drive dengan mobil bernomor 26 berhasil menguasai perlombaan di kelas LMP2. Mobil Aurus 01 Gibson yang dikemudikan trio Rene Binder, Yifei Ye dan Ferdinand Habsburg ini menguasai balapan selama 4 jam dengan mengalahkan duet Sean Gelael dan Stoffel Vandoorne dari JOTA . Sementara, pada kelas LMP2 Am dimenangi tim Era Motorsport Oreca 07 Gibson yang dikemudikan trio Andreas Laskaratos Kyle Tilley Dwight Merriman.


Pada kelas LMP3, trio Rory Penttinen, Wayne Boyd, dan Manuel Maldonado dari tim United Autosport menjadi jawara setelah membabat tim Nielsen Racing yang dikemudikan duet Tony Wells dan Colin Noble. Sementara di kelas GT, tim Precote Herberth Motorsport Porsche 911 GT3
menjadi jawara setelah trio Ralf Bohn, Alfred dan Robert Renauer mengasapi tim Mclaren Inception Racing yang beranggotakan Brendan Iribe, Olie Milroy dan Ben Barnicoat. Adapun pemakai mobil kuda jingkrak, Ferrari bisa berjaya di kelas GT AM berkat jasa tim Rinaldi Racing dengan
beranggotakan trio Christian Hook, Manuel Lauck dan Patrick Kujala.

Di balapan kedua masih dikuasai tim G-Drive Racing Aurus 01 Gibson yang beranggotakan Rene Binder, Yifei Ye dan Ferdinand Habsburg. Trio pengguna mobil bernomor 27 ini berhasil mengalahkan rekan setimnya yakni mobil bernomor 25 yang beranggotakan John Falb, Franco Colapinto dan Rui Pinto de Andrade sekaligus mereka mendominasi balapan dengan double podium kelas LMP2. Adapun di kelas LMP2 Am sama sekali tak ada perubahan, masih dikuasai tim Era Motorsport Oreca 07 Gibson yang beranggotakan Andreas Laskaratos, Kyle Tilley dan Dwight Merriman. Di kelas LMP3 masih dimenangi tim United Autosports Ligier JS P320 Nissan yang beranggotakan Rory Penttinen, Wayne Boyd, dan Manuel Maldonado.
Di Kelas GT terjadi perubahan dimana tim GPX Racing menjadi jawara. Pengguna Porsche dengan beranggotakan Julien Andlauer, Axcil Jefferies, dan Alain Ferte. Sementara tidak ada perubahan di kelas GT AM karena masih dikuasai oleh tim Rinaldi Racing. Seri terakhir akan digelar 19-20 Februari di Yas Marina.

Bagikan: