Kategori
Otomotif

Aprilia Raih Kemenangan Perdana di MotoGP Dengan Menjuarai GP Argentina

Aprilia

TorakID- Grand Prix Argentina yang bergulir pada 2-4 April di Rio Hondo, Argentina menjadi saksi bisu keberhasilan seseorang Aleix Espargaró, joki Aprilia yang berhasil membawa Aprilia menjadi juara kelas para raja Motogp, pertama kalinya. Joki Asal Spanyol ini memulainya dari babak kualifikasi.

Aleix Espargaró berhasil meraih pole position pertama bagi tim Aprilia Racing di MotoGP dengan penampilan memukau yang bersejarah bagi Aprilia Racing Team di International Autodromo Termas de Rio Hondo, sirkuit tempat Grand Prix Argentina berlangsung. Faktanya, meskipun waktu yang dimiliki sangat terbatas, dengan sesi free practice dan kualifikasi dilaksanakan bersamaan pada hari yang sama, kedua mesin RS-GP terbukti melaju sangat cepat sejak sesi pertama, sehingga keduanya mampu memonopoli dua posisi teratas – dengan Maverick Vinales berada tepat di belakang rekan setimnya – di penghujung sesi latihan bebas untuk menentukan siapa yang akan langsung melaju ke balap kualifikasi 2 (Q2).

Di sesi penentuan kualifikasi, Espargaró memberikan penampilan pertama yang luar biasa dengan catatan menit 1’38.108, dan melalui penampilan memukau ia mencatat waktu lebih singkat yaitu 1’37.688 di penghujung garis finish. Performa ini sangat dekat dengan track record (5 per seribu detik), yang dilakukan pada balap akhir pekan ke-200 dirinya di kelas teratas grand prix. Sementara itu, hasil akhir Viñales juga luar biasa untuk menyambut sesi balapan utama. Viñales segera menemukan dirinya nyaman di atas sadel, di mana berhasil finish pada posisi ke-5 di sesi kualifikasi dengan catatan waktu 1’38”196.

Pada sesi balapan, Aprilia meraih kemenangan pertama pada kelas MotoGP di Grand Prix Argentina bersama pembalap Aleix Espargaró. Bagi pabrikan yang berbasis di Kota Noale, Italia, yang juga dikenal sebagai salah satu merek paling berjaya dalam sejarah balap motor, ini merupakan kemenangan ke-295 di Kejuaraan Dunia Balap Motor GP, serta yang pertama pada kelas balap roda dua di era 4-tak setelah kemenangan tak terhitung di kategori 125cc dan 250cc.

Hari bersejarah ini juga menandai penampilan Aleix Expargaró yang ke-200 dalam kelas utama Kejuaran Balap Dunia (GP). Sebagai kapten tim, Aleix adalah bintang pada balap akhir pekan kemarin, mulai dari meraih pole position, mengantongi kemenangan, hingga lap tercepat dalam balapan. Sebuah tanda yang tidak perlu diragukan lagi dari peningkatan daya saingluar biasa yang dicapai oleh Aprilia melalui seri RS-GP 2022.

Berkat kemenangan ini, Espargaró kini memimpin klasemen balap secara keseluruhan dengan 45 poin, menunjukan lebih dari sekadar awal musim yang positif untuk seluruh tim Aprilia Racing, yang di Termas de Rio Hondo, juga menyaksikan, Maverick Viñales meraih penampilan terbaiknya di musim ini setelah berada di lima besar di beberapa putaran terakhir.

“Saya merasa sangat bangga dengan pencapaian yang telah kami raih. Kami telah menempuh perjalanan panjang untuk sampai sini, dan akhirnya kami berhasil. Ini adalah akhir pekan yang fantastis, tapi itu bukan balapan yang sederhana. Saat latihan saya melaju cepat, begitupun saat pemanasan, walau saat di main race saya sedikit kesulitan karena kekurangan grip namun saya tidak putus asa. Saya beberapa kali coba mengubah pengaturan elektronik untuk mengatasi masalah yang terjadi, tapi pada akhirnya, saya berhasil memperbaikinya. Saya lebih cepat beberapa sepersepuluh detik dari (Jorge) Martin, tapi tidak mudah untuk menyalipnya, yang sebagian terjadi karena situasi baru bagi saya. Saya belum pernah berada dalam situasi memperebutkan juara MotoGP. Situasi itu benar-benar menarik, terutama di lap terakhir. Saya sangat bahagia untuk Aprilia, diri saya dan juga keluarga saya. Kami pantas mendapatkannya. Saya ingin kembali mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim, yang telah bekerja keras dan sangat mendukung di Noale dan Piaggio Group. Kini kami memimpin kejuaraan, namun saat ini kami mencoba untuk terus mengambil kesempatan dalam momen positif ini, lalu lanjut bersenang-senang dan tetap waspada dan praktikal.” ungkap Aleix.