Kategori
Otomotif

Mengenal Si Anak Tiri: Volvo 200 Series

Volvo 200 Fanpage

TorakID- Volvo 200 series adalah midsize sedan yang pertama kali muncul di tahun 1974. Model ini diproduksi Volvo hingga tahun 1993 karena begitu sukses. Bahkan produksi Volvo seri 700 pernah dianak tirikan oleh Volvo karena penjualan seri 200 lebih laku. Untuk di Indonesia sendiri mobil ini sering dipanggil sebagai mobil menteri karena mulai dipakai di era orde baru sejak tahun 1970an. Sedikit fakta unik, Pada awal masa reformasi saat presiden B.J. Habibie, Abdurahman Wahid (Gus Dur) sampai Megawati Soekarnoputri menjabat, Kementerian Indonesia masih tetap memakai Volvo S90 Exclusive bekas orde baru yang dibeli pada tahun 1997, mobil dinas mentri paling awet karena dipakai 4 atau 5 kabinet yang berbeda.

Untuk sistem penamaannya kira-kira seperti ini
Contoh: 244 DL

  1. 2 untuk seri mobilnya.
  2. 4 untuk jumlah silinder mesin, jadi untuk 6 ditengah berarti 6 silinder.
  3. 4 untuk jumlah pintu, 2 berarti coupe, 4 berarti sedan, & 5 berarti wagon.
  4. DL untuk trim mobilnya, Urutan trim dari rendah ke tinggi: L (Luxe), DL (de Luxe), GL (Grand Luxe), GLE (Grand Luxe Executive), GLT (Grand Luxe Touring), GT & Turbo.
    Note: Kalau untuk Volvo produksi diatas tahun 1982, maka angka ketiga yang menunjukkan jumlah pintu akan diganti 0.

Volvo seri 200 adalah mobil yang paling canggih dalam hal keamanan karena basisnya dibangun di prototype Volvo VESC ESV dengan fitur seperti airbag, ABS, cumple zone, dll.